Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Sakit

Makanan yang baik dikonsumsi saat sakit. (Foto: halodoc)

Sukoharjonews.com – Anda mungkin tidak memiliki nafsu makan yang besar saat sakit, namun beberapa makanan dapat meringankan gejala Anda.

Dilansir dari Health Minggu (14/1/2024) Penting juga untuk mengetahui makanan apa yang dapat memperpanjang atau memperburuk gejala jika Anda sakit. Baca terus untuk mengetahui makanan apa yang dapat meringankan gejala Anda dan makanan apa yang harus dihindari.

1. Ayam Panggang atau Kalkun Tanpa Kulit
Anda mungkin tidak nafsu makan jika mengalami diare atau sakit perut. Daripada berpuasa, cobalah makan makanan hambar seperti daging tanpa lemak. Tubuh Anda mudah mencerna makanan yang hambar, sehingga tidak mengiritasi perut Anda. Misalnya, cobalah makan ayam panggang atau kalkun dalam porsi kecil tanpa kulit.

2. Kacang
Makanan berserat tinggi membantu meringankan sembelit dengan melunakkan tinja saat Anda minum cukup cairan. Kacang-kacangan, termasuk kacang hitam, kacang merah, dan kedelai merupakan sumber serat

3.Sereal dan Oatmeal
Pilihlah oatmeal gandum utuh dan sereal serpihan dedak jika Anda mengalami sembelit. Sereal tersebut memiliki serat yang membantu mengatur pergerakan usus Anda. Ingatlah untuk minum banyak cairan dengan makanan berserat tinggi seperti oatmeal. Cairan membantu meringankan sembelit dengan membuat tinja Anda mudah dikeluarkan. Misalnya, jus plum adalah minuman berserat tinggi yang membantu melunakkan tinja Anda.

4. Kopi, Teh, dan Air
Beberapa bukti menunjukkan bahwa kafein dalam dosis kecil dapat meredakan beberapa migrain , namun memicu migrain pada yang lain. Sebuah ulasan yang diterbitkan pada tahun 2020 menemukan bahwa tidak cukup bukti untuk menyatakan apakah kafein dapat menyembuhkan migrain.

Para peneliti menyarankan untuk tidak minum lebih dari 200 miligram (mg), atau dua cangkir kopi, per hari. Untuk penyakit lainnya, pilihlah teh daripada kopi. Meminum teh hijau hangat mungkin tidak memperlambat keluarnya cairan jika Anda sedang pilek, tetapi teh yang menenangkan dapat membantu Anda merasa lebih baik. Teh jahe dapat menenangkan perut Anda. Jahe mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan mual.

5. Telur
Telur yang dimasak adalah bagian dari makanan hambar, jadi Anda mungkin menoleransinya jika mengalami diare, mual, atau muntah. Ingatlah untuk makan lebih sering, dalam porsi lebih kecil dari biasanya. Mengunyah telur secara perlahan membantu mengurangi stres pada perut Anda. Telur yang dimasak juga lunak, sehingga mudah menyebabkan sakit tenggorokan.

6. Ikan Berlemak
Ikan berlemak merupakan sumber asam lemak omega-3. Omega-3 membantu mengurangi peradangan, tanda bahwa tubuh Anda sedang terbebas dari infeksi seperti pilek atau flu. Salah satu tanda peradangan yang paling umum adalah nyeri, seperti nyeri tubuh atau sakit telinga. Beberapa bukti menunjukkan bahwa omega-3 juga dapat meringankan masalah kulit seperti gatal-gatal, yang mungkin merupakan gejala alergi. (patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar