Makanan untuk Menurunkan Kadar Kreatinin Tinggi Demi Hidup Sehat

Makanan dapat menurunkan kadar keratin.(Foto: merdeka)

Sukoharjonews.com – Kreatinin adalah produk limbah yang diproduksi oleh otot-otot dalam tubuh kita. Ginjal kita bertanggung jawab untuk membuangnya. Namun, ketika kadar kreatinin kita tinggi, itu berarti Anda mengalami kerusakan ginjal, dan ini dapat mengakibatkan penyakit ginjal kronis. Jika Anda merasakan pembengkakan di lengan atau kaki Anda, kelelahan ekstrem, mungkin penting untuk memeriksakan kadar kreatinin Anda. Meskipun kadar kreatinin yang tinggi tidak mengancam jiwa, hal itu dapat menyebabkan komplikasi serius dalam tubuh. Perubahan pola makan dan gaya hidup dapat membantu mengatasi kadar kreatinin yang tinggi.


Dikutip dari Healthshots, pada Selasa (10/9/2024), keratin adalah produk limbah yang dihasilkan selama degradasi kreatin; senyawa ini merupakan zat integral yang digunakan untuk menciptakan energi di dalam sel otot. Kulit membantu mengeluarkan kreatinin yang merupakan organ yang menyaring darah yang mengeluarkan limbah berlebihan dalam bentuk urin. Hal ini karena penentuan kadar kreatinin darah digunakan untuk menilai status ginjal dan kemampuan ginjal untuk membersihkan. Berikut makanan untuk menurunkan kadar keratin:

1. Mentimun
Mentimun dapat membantu menurunkan kadar kreatin dalam tubuh. Makanlah satu atau dua mentimun setiap hari. Mentimun dapat dicampur dengan salad atau dikonsumsi begitu saja. Simak manfaat mentimun lainnya untuk memahami manfaatnya bagi tubuh kita.

2. Bawang merah
Bawang bombay juga dapat membantu Anda. Satu bawang bombay dalam makanan sehari-hari Anda dapat menyediakan antioksidan yang dapat membantu menyeimbangkan kadar glukosa darah dan meringankan beban ginjal. Menurut penelitian ini, yang diterbitkan dalam Indian Journal of Nephrology , bawang bombay dapat mencegah disfungsi ginjal.


3. Paprika merah
Memasukkan paprika merah ke dalam makanan Anda juga dapat membantu mengendalikan kadar kreatinin, sehingga kadarnya menurun. Orang dewasa sebaiknya mengonsumsi setidaknya satu paprika merah dalam sehari, baik mentah maupun matang karena paprika merah kaya akan vitamin dan tidak membebani ginjal. Baca terus untuk mengetahui paprika mana yang paling sehat dan bagaimana paprika merah dapat membantu Anda.

4. Apel
Satu buah apel setiap hari memberi Anda serat dan membantu proses pencernaan yang juga dapat mengurangi tekanan pada ginjal Anda. Anda dapat mengonsumsi satu buah apel sehari untuk kadar kreatinin Anda. Lihat manfaat apel lainnya .

5. Blueberry
Blueberry juga membantu mengatasi kadar kreatin yang tinggi. Mengonsumsi segenggam blueberry, sekitar 1/2 cangkir, dapat memberikan manfaat. Blueberry mengandung lusinan bahan antioksidan yang menekankan kesehatan ginjal tanpa mengandung terlalu banyak kalium. Yayasan Ginjal Nasional AS juga mencantumkan blueberry sebagai buah yang mengandung kadar natrium dan fosfor yang rendah, sehingga baik untuk ginjal.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *