Makanan Tinggi Serat yang Baik Dikonsumsi saat Sahur agar Tubuh Bertenaga

Makanan tinggi serat untuk sahur. (Foto: freepik)

Sukoharjonews.com – Selama menjalani ibadah puasa, kamu tentu tetap melakukan aktivitas sehari-hari. Nah, agar tubuh bertenaga, kamu perlu mengonsumsi makanan tinggi serat saat sahur, Beauties.


Dilansir drai Zero, Kamis (13/2/2023) mengonsumsi makanan tinggi serat saat sahur akan membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan membuatmu tidak mudah lapar serta haus.
Untuk mengurangi rasa penasaranmu tentang makanan tinggi serat yang baik dikonsumsi saat sahur, berikut ini ada sejumlah rekomendasinya. Yuk, simak:

1. Kacang-kacangan
Makanan tinggi serat pertama adalah kacang-kacangan. Kacang dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang tinggi serat. Menurut laman Benefiber, dalam sebutir kacang rebus, terdapat 9 gram serat ditambah dengan protein nabati. Apabila kamu mengolahnya dalam bentuk sup atau salad, kacang akan membantumu untuk semakin bertenaga selama menjalani puasa.


2. Umbi-umbian
Umbi dikenal sebagai makanan yang memiliki kandungan serat baik dan membantu tubuh cepat kenyang. Ada banyak jenis umbi yang bisa kamu konsumsi saat sahur. Misalnya adalah kentang dan wortel. Kamu bisa mengolahnya bersama kacang untuk memperkaya nutrisi dalam tubuhmu.

3. Roti Gandum
Roti gandum adalah salah satu jenis makanan tinggi serat yang cocok untuk kamu konsumsi saat sahur, apalagi jika enggan menyiapkan menu yang ribet. Kamu bisa menyantap roti gandum dengan selai, membuat roti bakar, hingga mengolahnya menjadi sandwich. Dengan bahan sederhana, santapan sahurmu bisa lebih bernutrisi.


4. Brokoli
Brokoli merupakan jenis sayuran yang dikenal dengan kandungan nutrisinya. Menurut laman Healthline, brokoli mengandung vitamin B, vitamin C, vitamin K, magnesium, asam folat, zat besi, hingga serat. Cara pengolahan brokoli juga mudah. Kamu bisa membuatnya menjadi sup atau capcay dengan beberapa sayuran lain, seperti wortel, lobak, sawi, hingga kentang.

5. Oatmeal
Kamu ingin sahur anti ribet, tetapi makanan tetap bernutrisi? Oatmeal bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu.

Gandum sebagai bahan dasar dari oatmeal mengandung beragam nutrisi, seperti serat, vitamin, mineral, hingga antioksidan. Dalam semangkuk oatmeal, bisa kamu dapatkan lebih dari 17 gram serat, lho. Kamu juga bisa menyantap oatmeal tanpa susah payah, seperti memakannya dengan campuran susu atau membuatnya menjadi bubur. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *