Makanan Tinggi Kolagen Untuk Ditambahkan ke Diet Anda

Makanan tinggi kolagen. (Foto: briliofood)

Sukoharjonews.com – Makanan kaya kolagen bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan kadar kolagen tubuh Anda, selain mengonsumsi suplemen. Memasukkan makanan tinggi kolagen ke dalam pola makan Anda dapat membantu menjaga pasokan alami Anda tetap terpenuhi – sesuatu yang sangat penting ketika kolagen mulai menurun, yang terjadi sejak usia 30 tahun ke atas.

Ada banyak makanan dengan kolagen yang mungkin sudah Anda makan, tetapi jika belum, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk memasukkan lebih banyak makanan tersebut ke dalam makanan Anda, pastikan makanan tersebut ada dalam daftar belanja Anda setiap minggu. Dikutip dari Skinglo, pada Jumat (15/12/2023), berikut makanan tinggi kolagen yang bagus untuk diet Anda:

1. Ayam
Yang pertama dalam daftar makanan kaya kolagen kami adalah sesuatu yang kemungkinan besar sudah banyak dimakan oleh pemakan daging: ayam. Yap, ayam mengandung semua asam amino yang dibutuhkan tubuh Anda untuk memproduksi kolagen, dan jaringan ayam menawarkan sumber kolagen makanan yang kaya.

Jadi, lain kali Anda mempertimbangkan apakah akan menambahkan ayam ke salad atau hidangan pasta, lakukanlah – ini adalah salah satu makanan penambah kolagen terbaik, yang merupakan kabar baik untuk sesuatu yang sangat serbaguna.

2. Buah Jeruk
Makanan favorit kami yang tinggi kolagen lainnya adalah buah jeruk. Buah-buahan seperti jeruk, lemon, limau, dan grapefruit kaya akan vitamin C yang terkenal dengan banyak manfaatnya. Salah satu manfaat vitamin C adalah berperan penting dalam memproduksi prekursor kolagen, selain itu juga membantu menghubungkan asam amino selama produksi kolagen.

Gabungkan buah jeruk ke dalam jus dan smoothie buatan sendiri (atau mangkuk smoothie), salad, atau nikmati salad buah untuk sarapan ringan atau bahkan makanan penutup untuk membantu meningkatkan asupan vitamin C dan mendukung tingkat kolagen alami tubuh Anda.

3. Paprika
Berikutnya dalam daftar makanan kaya kolagen kami adalah paprika khususnya paprika merah. Bahan-bahan lezat ini tidak hanya mengandung vitamin C, tetapi juga mengandung capsaicin, yang merupakan anti-inflamasi yang menurut penelitian dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan.

Ubah tumisan, salad, dan saus pasta Anda menjadi makanan penambah kolagen dengan menambahkan paprika merah kapan pun Anda bisa, menambahkan rasa ekstra, kerenyahan, dan manfaat bagi kulit Anda.

4. Sayuran Berdaun Hijau
Sayuran berdaun hijau mengandung klorofil yang memberikan sifat antioksidan, sekaligus meningkatkan prekursor kolagen dalam tubuh. Contoh sayuran berdaun hijau meliputi:

● Bayam
● Kubis
● Chard
● Selada air
● Bok choy
● Selada
Makanan penambah kolagen ini juga secara alami mengandung vitamin C dan umumnya dikenal sebagai bagian penting dari pola makan sehat. Sejujurnya, apa pun yang berwarna hijau kemungkinan besar memberikan kebaikan, jadi perbanyaklah makanan hijau untuk membuat salad warna-warni, jus, dan banyak lagi.

5. Kaldu Tulang
Kaldu tulang adalah salah satu makanan kolagen yang paling terkenal, karena terbuat dari tulang daging seperti daging sapi dan ayam, yang kaya akan sumber kolagen hewani. Kaldu tulang dapat digunakan sebagai bahan dasar sup dan semur, sementara beberapa orang bersumpah dengan meminumnya sendiri.

Tentu saja, kaldu tulang bukanlah pilihan jika Anda seorang pescetarian, vegetarian, atau vegan, sehingga banyak orang beralih ke suplemen kolagen laut selain mengonsumsi banyak sayuran hijau, buah jeruk, dan kacang-kacangan untuk memastikan mereka tetap mendapatkan manfaatnya. makanan kaya kolagen.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar