Makanan Semua Orang, Ini Gizi yang Terdapat pada Tahu

Gizi pada tahu.(Foto:Ners)

Sukoharjonews.com – Tahu adalah protein berbahan dasar kedelai yang berubah menjadi cair saat direndam, dimasak, dan dihancurkan. Dengan bantuan koagulan, cairan tersebut mengental menjadi tahu, makanan bebas susu, gluten, dan kolesterol yang populer di kalangan vegan dan mereka yang memiliki pola makan khusus.

<!Composite Start –>


Dilansir dari verywell fit, Senin (12/8/2024), sering digunakan sebagai pengganti daging, tahu mengandung protein tinggi namun rendah lemak, natrium, dan karbohidrat. Tahu sangat serbaguna, dan meskipun tidak memiliki banyak rasa, tahu tetap memiliki rasa apa pun yang Anda masak.

Tahu Keras
Tahu bisa Anda temukan dengan tekstur keras, ekstra keras, sedang, dan lembut. Tahu yang lebih keras memiliki kandungan kalori lebih tinggi dan memberikan nutrisi lebih banyak karena mengandung lebih sedikit air. Tahu yang lebih lembut memiliki kandungan air lebih tinggi dan lebih sedikit kalori , karbohidrat, protein, dan lemak.

Fakta Nutrisi Tahu yang Kuat
Informasi nutrisi tahu berikut untuk setengah cangkir (126g) tahu mentah dan keras yang dibuat dengan kalsium sulfat disediakan oleh USDA.

Karbohidrat
Tahu merupakan makanan rendah karbohidrat . Satu porsi setengah cangkir hanya mengandung 3,5 gram karbohidrat, yang sebagian besar berasal dari serat. Ada 2,9 gram serat dalam porsi setengah cangkir.

<!Composite Start –>


lemak
Meskipun satu porsi tahu keras mengandung sekitar 11 gram lemak, sebagian besar lemaknya menyehatkan jantung. Tahu menyediakan 2,4 gram lemak tak jenuh tunggal dan 6,2 gram lemak tak jenuh ganda . Sekitar 1,6 gram lemak dalam satu porsi tahu keras adalah lemak jenuh.

Protein
Tahu yang keras adalah sumber protein yang sangat baik , dengan hampir 22g per porsi. Karena tahu merupakan protein lengkap (artinya mengandung 9 asam amino esensial yang dibutuhkan oleh makanan), tahu dapat digunakan sebagai pengganti daging. Banyak orang yang tidak makan daging menggunakan tahu sebagai protein utama dalam makanannya. Tahu yang keras kini dianggap sebagai salah satu alternatif daging nabati terbaik .

Vitamin dan Mineral
Tahu keras yang dibuat dengan kalsium sulfat merupakan sumber kalsium yang sangat baik , menyediakan 861mg atau 66% dari nilai harian (DV). Tahu yang keras juga merupakan sumber mangan yang sangat baik (menyediakan 1,5mg atau 65% DV) dan selenium (menyediakan 21,9mcg atau hampir 40% DV). Ini juga merupakan sumber tembaga yang sangat baik.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *