Makanan Sehat Tinggi Kalsium

Makanan minuman yang mengandung kalsium.(Foto:Poltekkes)

Sukoharjonews.com – Kalsium adalah mineral yang terkenal karena peran pentingnya dalam kesehatan tulang . Kalsium juga membantu menjaga ritme jantung , fungsi otot, dan banyak lagi. Karena manfaat kesehatannya, kalsium menjadi salah satu suplemen terlaris di AS.

Dilansir dari WebMD, Kamis (18/7/2024), mengonsumsi makanan kaya kalsium penting untuk pertumbuhan dan menjaga kekuatan tulang. Ini juga merupakan nutrisi penting untuk fungsi sel yang sehat. Tubuh Anda membutuhkan kalsium untuk mendukung fungsi otot dan saraf, mengatur tekanan darah dan kadar hormon, serta membantu komunikasi antar sel.

Kalsium terkenal karena peran pentingnya dalam kesehatan tulang dan merupakan salah satu suplemen terlaris di Amerika. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa untuk mendapatkan sebagian manfaatnya, kalsium harus bersumber dari makanan, bukan dari suplemen.

Manfaat Kesehatan Kalsium
Kalsium memiliki banyak kegunaan. Ini adalah bahan dalam antasida, dan dokter menggunakannya untuk mengontrol tingginya kadar magnesium , fosfor, dan kalium dalam darah Anda.

Ini juga dapat meringankan gejala sindrom pramenstruasi (PMS) dan membantu mencegah kanker tertentu. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kalsium dengan vitamin D dapat membantu melindungi wanita pramenopause dari kanker payudara.

Makanan Kaya Kalsium
Meskipun banyak suplemen tersedia, para ilmuwan menyarankan setidaknya setengah dari asupan kalsium Anda berasal dari makanan. Kelima makanan ini adalah beberapa sumber kalsium terbaik:

Produk susu .
Produk seperti susu, yogurt, dan keju kaya akan kalsium dan cenderung menjadi sumber yang paling mudah diserap. Tubuh Anda tidak menyerap kalsium dengan baik dari makanan nabati.

Makanan yang diperkaya kalsium.
Sereal sering kali diperkaya dengan kalsium. Beberapa sereal yang diperkaya menyediakan sebanyak 100 miligram kalsium per porsi.

Salmon kalengan .
Selain produk susu, salmon kalengan adalah salah satu sumber makanan kalsium terbaik. Hanya 3 ons salmon kalengan menyediakan 181 miligram. Salmon juga mengandung vitamin D, yang membantu tubuh Anda.

Tortilla Tepung.
Kabar baik bagi pecinta karbohidrat: satu tortilla tepung berukuran 10 inci menyediakan 90 miligram kalsium.

Kacang panggang kalengan. Setengah cangkir kacang panggang kalengan mengandung hampir 60 miligram kalsium. Kacang juga mengandung banyak serat.

Sumber kalsium non-susu

Buah Ara
Buah ara kering adalah camilan sehat, manis, dan padat kalsium. Dua buah ara mengandung sekitar 27 miligram kalsium. Buah ini merupakan pemanis alami dan alternatif yang lebih sehat dibandingkan gula rafinasi.

Sayuran berdaun hijau tua.
Kangkung, bayam, dan sawi yang dimasak merupakan sumber kalsium yang baik. Anehnya, kangkung yang dimasak memiliki lebih banyak kalsium per porsi dibandingkan susu, yaitu 177 miligram per cangkir. Daun hijau serbaguna ini juga melawan penyakit jantung, kanker, dan peradangan.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar