Mengejutkan ini Makanan yang Tidak Boleh Anda Makan Mentah

makanan yang tiak boleh dimakan mentah.(Foto:Klikdokter)

Sukoharjonews.com – Kita semua tahu bahwa makan daging mentah menempatkan Anda pada risiko besar terkena salmonella dan penyakit bawaan makanan lainnya, dan Anda mungkin sudah lama dimarahi oleh Ibu untuk tidak makan sesendok adonan kue mentah , enak seperti rasanya. Namun jika menyangkut sayuran dan tanaman lainnya, semuanya adil, bukan? Tidak begitu.

Dilansir dari Prevention, Jum’at (21/6/2024), makanan tertentu mengandung racun alami atau gula yang sulit dicerna yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan gejala tidak menyenangkan lainnya tidak, terima kasih! Makanan lain sering kali menampung bakteri berbahaya jika tidak dimasak atau tidak dipasteurisasi.

Kentang
Tidak ada yang suka memasukkan sepotong kentang mentah ke dalam casserole atau potpie sarapannya, tapi ternyata itu juga tidak baik untuk Anda. “Tepung mentah dalam kentang dapat menyebabkan masalah pencernaan , gas, dan kembung,” kata Ashvini Mashru, MA, RD, LDN, pemilik Wellness Nutrition Concepts di Malvern, PA. ‘Untuk mendapatkan manfaat maksimal dan risiko paling kecil dari kentang Anda, panggang, kukus, tumis, atau masak kentang lainnya.’ Dan jauhi kentang hijau, tambah Mashru. Mereka mengandung racun solanin beracun konsentrasi tinggi, yang dapat menyebabkan sakit kepala dan mual , bahkan dalam dosis kecil.

Kecambah
Sama lezatnya dengan lobak dan kecambah alfalfa di atas salad, gunakanlah dengan hati-hati. Jika tidak dimasak, makanan ini merupakan tempat berkembang biaknya bakteri berbahaya , seperti salmonella, E. coli , dan listeria, Lisa Cohn, konsultan diet terdaftar untuk Pusat Bedah miVIP memperingatkan . “Kecambah harus dibeli segar yang terbaik adalah yang berasal dari pertanian ke pasar dan saya merekomendasikan agar anak-anak kecil, wanita hamil, orang tua, dan mereka yang memiliki kekebalan tubuh lemah menghindarinya sama sekali.” Cuci sampai bersih, dan jika ragu, mintalah saran dari RDN Anda.

kacang merah
Kacang-kacangan yang padat nutrisi ini bisa menjadi tambahan makanan yang sehat dan murah—pastikan untuk memasaknya terlebih dahulu. “Makan kacang merah mentah dapat menyebabkan mual yang ekstrim, muntah parah, dan diare karena lektin alami, fitohemaglutinin,” kata Jennifer Christman, RDN, LDN, ahli diet perusahaan di Medifast.

Madu
Madu mentah mudah ditemukan di supermarket saat ini, karena semakin banyak orang mencari pemanis alami, namun jangan menawarkannya kepada anak kecil, Cohn memperingatkan. Jika madu mentah tidak dipasteurisasi, mungkin mengandung greyanotoxin , racun saraf alami yang ditemukan dalam nektar rhododendron. “Meski biasanya tidak mematikan bagi manusia, gejala keracunan greyanotoxin bisa berupa pusing, hipotensi, dan blok vagal,” kata Cohn.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar