Makanan Korea yang Cocok Dikonsumsi Saat Cuaca Panas

Makanan korea. (Foto : Koreanbapsang)

Sukoharjonews.com – Cuaca cerah yang membuat kita tak akan risau soal kehujanan, dan juga langit biru yang memanjakan mata dengan kecantikannya. Tak mengherankan bila musim panas menjadi waktu favorit semua orang untuk berlibur.


Dilansir dari Beautynesia, Kamis (22/6/2023), satu destinasi tujuan yang paling banyak digemari di kala musim panas tak lain adalah negeri ginseng, Korea Selatan. Selain karena destinasi wisatanya yang beragam, negeri ginseng ini kerap dijadikan tujuan liburan karena kuliner musim panasnya yang tak boleh terlewatkan.

Mulai dari segarnya es serut yang disajikan dengan kacang merah dan segala pelengkapnya, hingga sup ayam yang kaya akan rempah. Penasaran ada kuliner musim panas apa saja? Yuk cek deretannya di bawah ini!

1. Kongguksu
Kongguksu adalah sejenis sajian mi dengan kuah dingin yang terbuat dari bahan utama susu kedelai. Cita rasanya yang gurih dan manis sangat cocok untuk disanfap saat musim panas, apalagi kongguksu ini juga sering disajikan dengan serutan es batu untuk menambah kesegarannya.

Kongguksu sendiri diambil dari kata ‘kong’ yang berarti ‘kacang’ dan guksu yang berarti ‘mi’. Jadi, kongguksu memiliki arti mi kacang, sesuai dengan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat hidangan satu ini.


2. Naengmyeon
Mie dingin khas Korea satu ini terbuat dari kentang atau tepung ubi jalar, atau juga menggunakan soba. Sama seperti Kongguksu, Naengmyeon disajikan dengan kuah dingin semi es. Namun, bedanya Naengmyeon disajikan dengan kuah bening yang terbuat dari dongchimi (kimchi air lobak) atau kaldu sapi.

Rasa segar yang didapat dari kuahnya, dan dipadukan dengan mi tipis yang kenyal akan memanjakan lidah kita di tengah panasnya hari. Untuk menambah kenikmatan hidangan ini, kamu juga bisa menambah es batu utuh agar bisa mendapat sensasi dingin yang lebih.


3. Samgyetang
Nama hidangan yang ini pasti sudah tak asing lagi di telinga. Samgyetang adalah olahan sup ayam yang menggunakan ayam muda utuh dan direbus selama 2-3 jam bersama dengan ginseng dan beberapa rempah lain.

Samgyetang ini menjadi hal wajib di musim panas bagi orang Korea, campuran rempah dan herbal yang digunakan untuk memasak samgyetang memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan, selain itu makanan ini juga bisa membantu mengembalikan energi dan vitamin yang hilang karena panasnya cuaca.


4. Bingsu
Kalau membicarakan kuliner musim panas, bingsu tidak boleh terlewatkan. Es serut khas korea ini memiliki banyak macam varian, namun yang paling banyak digemari adalah es serut kacang merahnya yang disebut patbingsu.

Patbingsu memiliki cita rasa manis, segar, dan juga gurih yang seimbang, membuat dessert khas Korea ini sangat pas bila disantap saat musim panas. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *