Makanan Khas Denmark yang Perlu Kalian Coba

Makanan khas Denmark.(Foto: familysearch)

Sukoharjonews.com – Denmark adalah salah satu negara yang makanannya terkenal mengandung daging, roti gandum, buah, dan krim. Jika hendak berkunjung ke Denmark, kamu wajib mencicipi 5 makanan khas Denmark.


Dilansir dari Hello Cation, Sabtu (18/5/2024), ada 5 makanan khas Denmark yang harus kalian coba jika berkunjung ke Denmark, berikut ini

Smørrebrød
Smørrebrød merupakan sandwich tradisional khas Denmark. Namun, sandwich ini terdiri atas setengah roti saja. Jenis rotinya adalah roti gandum hitam dengan mentega sebagai lapisannya. Kemudian, di atasnya terdapat berbagai topping, seperti sayuran, daging, keju, meatballs, kaviar, dan mayones.

Sandwich ini ditemukan pada abad ke-19 oleh para pekerja pertanian Skandinavia. Mereka membuat smørrebrød untuk makan siang dan bahan-bahannya terbuat dari sisa makan malam. Saat ini, smørrebrød menjadi makanan pokok yang disajikan sebagai hidangan pembuka, hidangan utama, atau hidangan penutup. Selain itu, sandwich ini sangat populer pada masa-masa perayaan liburan, seperti Hari Natal dan Hari Paskah.

Risalamande
Risalamande adalah makanan khas Denmark berbentuk puding yang biasanya disajikan selama masa-masa Natal. Rasanya lebih ringan daripada puding beras Denmark. Orang-orang Denmark mengonsumsi puding polos ketika malam Natal. Keesokan harinya, mereka akan mencampur puding tersebut dengan krim kocok dan almond. Lalu, didinginkan dan disajikan dengan saus cherry yang kental.


Frikadeller
Frikadeller adalah hidangan berbentuk meatballs yang sangat populer. Makanan khas Denmark ini terbuat dari daging dan orang-orang Denmark telah mengonsumsinya selama lebih dari 200 tahun. Kata frikadelle sebenarnya berasal dari bahasa Jerman. Oleh karena itu, tidak heran jika frikadeller juga menjadi jajanan kaki lima di Jerman, Polandia, dan seluruh Skandinavia.

Namun, frikadeller dari Denmark biasanya disajikan bersama kentang rebus dan brown sauce tradisional Denmark. Terdapat side dish lain yang turut
menghiasi frikadeller, seperti acar sayuran, mustard, roti gandum hitam, dan berbagai sayuran lainnya.

Tarteletter
Tarteletter adalah panggangan puff pastry yang renyah dan berbentuk wadah untuk berbagai isian. Biasanya, isian tarteletter adalah bahan-bahan yang manis. Namun, orang Denmark lebih sering menggunakan bahan-bahan yang gurih seperti daging, seafood, dan sayuran. Tarteletter sangat populer dan sering disajikan di pesta-pesta sebagai jamuan. Hidangan ini juga menjadi makanan khas Denmark sebagai camilan atau hidangan pembuka.

Kartofler
Kartofler merupakan kentang rebus dengan campuran gula dan mentega, sehingga permukaannya berlapiskan karamel. Tidak jauh berbeda dengan makanan khas Denmark lainnya, hidangan ini pun biasanya hadir untuk makan malam saat masa-masa Natal.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *