Mahasiswa KKN Undip Usung Program Pengoptimalan Bank Sampah Seruni Desa Tiyaran

Pemaparan Materi “Optimalisasi Bank Sampah Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Tiyaran yang Berwawasan Lingkungan” di Desa Tiyaran. (Foto: Istimewa)

Sukoharjonews.com (Bulu) – Keberadaan bank sampah menjadi sasaran program mahasiswa KKN Universitas Diponegoro (Undip) di Desa Tiyaran, Kecamatan Bulu, Sukoharjo. Bank sampah dinilai memiliki peran penting disaat volume masyarakat yang terus meningkat setiap hari.

Mahasiswa yang tergabung dalam KKN Tim II Undip ini beranggotakan enam orang, yakni Ageng Prihantoro, Muhammad Abdul Halim, Mu’allimah, Norma Triana Kusdianingrum, Rifkah Siwi Cahyaningrum, dan Wiwik Dian Wikanti.

Salah satu mahasiswa Ageng Prohantoro dalam rilis yang diterima Sukoharjonews.com, Sabtu (12/8/2023), salah satu solusi untuk mengatasi masalah sampah adalah dengan bank sampah yang akan membantu bertanggung jawab dalam mereduksi dan melakukan pengelolaan sampah khususnya sampak plastik.

“Keberadaan Bank Sampah Seruni di Desa Tiyaran ini menjadi penting untuk mengatasi masalah sampah tersebut. Kami berusaha mengoptimalkan kembali setelah sempat vakum sejak pandemi corona,” ujarnya.

Bahkan, lanjutnya, karena vakum kegiatan bank sampah dalam segi pembukuan, penyimpanan data, dan penyimpanan sampah menjadi tidak optimal. Termsuk partisipasi masyarakat Dukuh Tambakrejo, Desa Tiyaran juga mengalami penurunan.

Berlatar belakang permasalahan tersebut, mahasiswa KKN Tim II Undip yang berada di Desa Tiyaran mengimplementasikan gagasannya dengan mengadakan kegiatan penyuluhan dan pendampingan pada pengoptimalan Bank Sampah Seruni, Desa Tiyaran.

Program bertujuan untuk mengembangkan kemampuan pengurus dalam mengelola Bank Sampah Seruni dan meningkatkan minat masyarakat Desa Tiyaran agar rutin menyetorkan sampah anorganiknya. Kegiatan penyuluhan sendiri dihadiri oleh ibu-ibu yang juga merupakan anggota dan kader Bank Sampah Seruni.

Kegiatan penyuluhan terkait “Optimalisasi Bank Sampah Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Tiyaran Yang Berwawasan Lingkungan” dilakukan dengan pemaparan materi terkait pentingnya administrasi pembukuan dalam pengelolaan bank sampah, pendampingan pemilahan sampah kertas, pembukuan sederhana menggunakan bantuan aplikasi, pendampingan pembuatan database, meningkatkan minat masyarakat dalam berpartisipasi pada kegiatan bank sampah, pengoptimalan penataan dan pengelolaan bank sampah oleh mahasiswa KKN Tim II Undip Desa Tiyaran.

“Hasil atau luaran dari program kerja ini berupa banner yang berisi pengertian, alur, dan manfaat dari bank sampah. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat lebih optimal dalam kegiatan bank sampah baik pada aspek kepengurusan dan pengelolaan,” ujar mahasiswa lainnya, Norma Triana. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar