Mahasiswa KKN Undip Sosialisasi Kartu Prakerja kepada Karang Taruna Desa Tanjung

Mahassiwa KKN Undip saat mengenalkan Kartu Prakerja kepada Karang Taruna Desa Tanjung, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo.

Sukoharjonews.com – Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Tim II (Undip) melaksanakan program sosialisasi Kartu Prakerja kepada Karang Taruna Desa Tanjung, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo. Program tersebut dipilih sebagai upaya untuk mendukung program pemerintah menekan angka pengangguran.


Perwakilan mahasiswa, Aisa Selvira, menyampaikan, pengenalan Kartu Prakerja dilakukan karena masih banyak warga khususnya pemuda yang belum memahami dengan benar Program Kartu Prakerja.

“Kami menyampaikan kepada anggota Karang Taruna terkait Kartu Prakerja,” ujarnya dalam keterangan tertulis kepada Sukoharjonews.com, Kamis (8/8/2024).

Menurutnya, mengutip dari laman Prakerja, Kartu Prakerja sendiri merupakan program pemerintah berbentuk pemberian bantuan program beasiswa pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kerja dan kewirausahaan bagi para pencari kerja maupun pekerja yang berniat untuk meningkatkan kemampuan.

Program tersebut dibentuk untuk meningkatkan produktivitas, daya saing, dan kompetensi angkatan kerja, serta mengembangkan UMKM.


Aisa melanjutkan, dalam sosialisasi tersebut Tim KKN menjelaskan tentang Kartu Prakerja dan tujuan dibentuknya oleh pemerintah. Tidak lupa juga tentang syarat dan bagaimana cara mendaftar sebagai penerima Kartu Prakerja.

Tim KKN mengedukasi bagaimana contoh dan cara mengerjakan bagian Tes Kemampuan Dasar (TKD) yang digunakan sebagai syarat seleksi peserta Kartu Prakerja.

“Kebetulan saat ini sudah masuk gelombang ke-72, kami mengarahkan anggota Karang Taruna untuk mendaftar Program Kartu Prakerja,” ujarnya.

Aisa menambahkan, kegiatan tersebut disambut positif oleh anggota Karang Taruna Desa Tanjung dan memberikan tanggapan balik dengan menyampaikan pertanyaan kepada Tim KKN. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *