Lenovo Legion Go Menantang Steam Deck dan Switch dengan Layar 8 Inci, Prosesor AMD Ryzen Z1 Extreme, RAM 16GB

Lenovo Legion Go. (Foto: WindowsLatest via Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Sampai saat ini, ketika kita mendengar istilah “konsol game”, kebanyakan dari kita memikirkan produk seperti PlayStation dan Xbox yang perlu disambungkan ke TV atau monitor. Perangkat genggam dipandang oleh banyak orang sebagai pilihan sampingan, terutama karena keterbatasan teknisnya. Namun, semuanya berubah pada tahun 2017 ketika Nintendo memperkenalkan Switch. Ini menunjukkan kepada dunia bahwa konsol genggam juga bisa menjadi mainstream.

Dilansir dari Gizmochina, Senin (28/8/2023), melihat kesuksesan finansial Nintendo, banyak perusahaan memutuskan untuk membuat konsol genggamnya sendiri. Salah satu perusahaan tersebut adalah Lenovo. Sempat diketahui bahwa perusahaan tersebut sedang mengerjakan konsol yang akan menjalankan Windows 11. Kini, spesifikasi perangkat bernama Lenovo Legion Go ini telah terkonfirmasi dalam bocoran hasil pengujian (via WindowsLatest).

Spesifikasi Lenovo Legion Go Dikonfirmasi: AMD Ryzen Z1 Extreme, RAM 16GB, SSD 512GB, dan Lainnya
Lenovo telah lama mengerjakan konsol game genggam bernama Legion Go. Meski belum ada pengumuman resmi dari pihak perusahaan, namun bocoran telah memberikan kita beberapa informasi mengenai desain handheld dan beberapa spesifikasinya.

Kini, hasil pengujian baru mengonfirmasi dan mengungkapkan lebih banyak detail tentang konsol yang akan datang. Tes ini menunjukkan bahwa Legion Go akan memiliki prosesor AMD Ryzen Z1 Extreme, RAM 16GB, dan drive penyimpanan Samsung 512GB. Ini juga akan memiliki layar 8 inci dengan resolusi tinggi.

Ryzen Z1 Extreme adalah prosesor baru dari AMD yang dirancang untuk gaming berperforma tinggi dan pekerjaan kreatif. Ini didasarkan pada arsitektur Zen 3+ dan memiliki delapan core dan 16 thread. Hal ini seharusnya menjadikan Lenovo Legion Go sebagai perangkat gaming yang sangat mumpuni, bahkan jika dibandingkan dengan Steam Deck, yang ditenagai oleh AMD APU khusus.

Spesifikasi Lenovo Legion Go Bocor
RAM 16GB juga seharusnya cukup untuk game dan aplikasi yang menuntut. Dan SSD 512GB akan memberikan banyak ruang penyimpanan untuk game, film, dan file lainnya. Layar 8 inci Legion Go sedikit lebih besar dari layar 7 inci Steam Deck. Ini akan membuatnya lebih nyaman digunakan untuk bermain game dan tugas lainnya. Tolok ukur juga menunjukkan bahwa Legion Go menjalankan Windows 11 Home 23H2. Ini adalah versi terbaru Windows 11, dan mencakup sejumlah peningkatan untuk perangkat game.

Spesifikasi Lenovo Legion Go:
– prosesor amd ryzen z1 ekstrim
– Core 8 core, 16 prosesor logis
– Arsitektur X64
– Memori 16 GB (4 saluran pada 7500 MHz)
– Disk NVMe SSD 512 GB (gratis 476,94 GB)
– Video Grafis AMD Radeon (versi 31.0.14003.38003)
– Resolusi Layar 2560 x 1600
– Sistem Operasi Microsoft Windows 11 Home (versi 10.0.22621.1992 (23H2))

Lenovo belum mengumumkan tanggal rilis untuk Legion Go, namun diperkirakan akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang. Perangkat ini kemungkinan akan memiliki harga yang kompetitif, dan bisa menjadi pesaing kuat di pasar perangkat game genggam Windows 11 yang sedang berkembang. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar