Ragam  

Lanjutan Proyek Gedung Pertemuan Sukoharjo Ada Titik Terang, Januari 2024 Proyek Dimulai Kembali

Proyek gedung pertemuan Sukoharjo di Jalan Veteran yang berhenti sejak 2021. (Dok)

Sukoharjonews.com – Pemkab Sukoharjo mempercepat proses lelang lanjutan pembangunan Gedung Pertemuan di Jalan Veteran yang menempati eks Kantor DPRD dan eks Gedung Budi Sasono. Saat ini, tahapan lelang sudah dimulai dengan melelangkan untuk Manajemen Konstruksi (MK).


“Berkaca pada pengalaman sebelumnya lelang kami mulai November ini agar proyek bisa dimulai awal tahun 2024 sehingga proyek bisa selesai sesuai kontrak,” ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataraan Ruang (DPUPR) Sukoharjo, Bowo Sutopo Dwi Atmojo, Kamis (16/11/2023).

Bowo melanjutkan, saat ini tahapan lelang untuk MK sudah dimulai dan setelah itu dilanjutkan lelang proyek fisik. Bowo menargetkan pertengahan Januari 2024 sudah tandatangan kontrak dengan kontraktor pemenang lelang.

Dikatakan Bowo, dengan mempercepat lelang diakhir tahun ini diharapkan proyek bisa dimulai awal tahun sehingga kejadian yang sama tidak terulang kembali, yakni proyek tidak selesai tepat waktu.

“Kalau Januari sudah bisa dimulai, tentunya proyek bisa selesai tepat waktu sesuai kontrak,” ujarnya.


Disinggung soal anggaran, Bowo mengaku tidak hafal secara detil. Namun, untuk lelang MK diperkirakan sekitar Rp1,5 miliar dan untuk proyek fisik Rp40-an miliar.

“Angka itu kisarannya, kalau angka pastinya tidak hafal,” ujarnya.

Seperti diketahui, proyek pembangunan Gedung Pertemuan di timur Alun-alun Sukoharjo tersebut terhenti di akhir tahun 2021 karena kontraktor tidak mampu menyelesaikan proyek sesuai kontrak. Atas dasar itulah Pemkab Sukoharjo memutus kerjasama dengan kontraktor hingga berujung kasus hukum karena digugat oleh kontraktor.

Proses hukum tersebut selesai di akhir tahun 2022 dan Pemkab Sukoharjo pun memulai tahapan dari awal lagi untuk bisa melanjutkan proyek. Tahapan itu antara lain audit kontruksi dan review desain yang sudah selesai dilakukan sehingga akhir tahun ini lelang bisa dimulai. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *