Lakukan Ini Sekali Sehari Untuk Mengecilkan Prostat yang Membesar

Cara mengecilkan prostat.(Foto: livestrong)

Sukoharjonews.com – Jika Anda ditetapkan sebagai laki-laki saat lahir, peluang Anda untuk  didiagnosis menderita pembesaran prostat  mungkin jauh lebih tinggi dari yang Anda kira, terutama seiring bertambahnya.Pria yang menderita kondisi ini mungkin mengalami masalah buang air kecil (misalnya kesulitan buang air kecil, aliran urin lemah, atau sering buang air kecil di malam hari).


Dilansir dari health digest, Rabu (28/8/2024), salah satu cara untuk mengobati pembesaran prostat adalah dengan mandi  sitz , sebuah prosedur yang namanya diambil dari “sitzen”, atau “duduk” dalam bahasa Jerman (melalui Saint Luke’s ). Mandi sitz berarti duduk di bak mandi atau mangkuk berisi air bersih dan hangat selama jangka waktu tertentu. Melakukan hal ini dikatakan dapat meningkatkan aliran darah di daerah panggul dan membantu otot-otot rileks, yang pada gilirannya memfasilitasi pemulihan dan menghilangkan rasa sakit serta membantu mengecilkan prostat.

Hasil studi tahun 2010 di Jurnal Urologi Korea mendukung hal ini: 122 pasien yang menjalani reseksi transurethral prostat (TURP) dan diinstruksikan untuk mandi sitz selama 10 menit selama lima hari telah “mengurangi komplikasi pasca operasi”, menunjukkan bahwa ada adalah manfaat dalam penelitian lebih lanjut tentang kemungkinan efek menguntungkan dari prosedur ini.

Cara melakukan sitzbath yang benar

Ada dua cara melakukan sitz bath di rumah, dan pilihan Anda bergantung pada apakah Anda memiliki akses ke bak mandi yang bisa Anda gunakan atau tidak.

Jika Anda ingin mencoba metode bak mandi, mulailah dengan mengisi bak mandi Anda dengan air bersuhu 105 hingga 115 derajat Fahrenheit; atur batasnya sekitar 4 inci. Jika ahli kesehatan Anda menyarankan Anda melakukannya, tambahkan obat atau garam ke dalam air. Selanjutnya, posisikan diri Anda secara perlahan di dalam bak mandi, duduklah di dalam air hangat dan pastikan alat kelamin Anda terendam seluruhnya. Penting untuk memastikan Anda merasa nyaman selama proses ini; Anda dapat sedikit menyesuaikan suhu air jika perlu.


Tidak perlu menyentuh, menggosok, atau menggosok kemaluan Anda, Anda juga tidak perlu menambahkan sabun atau campuran mandi ke dalam air. Anda bisa bangun setelah 20 menit. Setelah selesai, bangun perlahan dan keringkan diri Anda menggunakan pengering rambut dengan pengaturan rendah atau handuk lembut.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan baskom atau mangkuk bersih yang dapat Anda masukkan ke dalam mangkuk toilet, di bawah dudukan toilet (sehingga dapat ditahan oleh dudukannya). Prinsip dasarnya tetap sama; isi baskom atau mangkuk di toilet Anda secara bertahap dengan air hangat pada suhu yang nyaman, lalu duduklah di atasnya, rendam area Anda. Kemudian, tunggu hingga cukup waktu sebelum Anda bangun dan mengeringkan diri.

Seberapa amankah melakukan sitzbath?
Pembesaran prostat bukan satu-satunya masalah kesehatan yang dapat diatasi dengan mandi sitz. Dokter Anda mungkin meminta Anda untuk mencoba mandi sitz jika Anda menderita fisura anus, merasa teriritasi karena wasir, atau mengalami kram menstruasi yang tak tertahankan. Mandi sitz juga dapat membantu perawatan pasca bedah Anda (misalnya, setelah Anda melahirkan, menjalani operasi yang melibatkan perineum atau anus, atau dalam situasi lain di mana membersihkan alat kelamin mungkin sulit bagi Anda).


Secara umum, mandi sitz aman jika dilakukan dengan benar. Namun, menambahkan sabun, mandi busa, atau produk serupa ke dalam air hangat dapat menyebabkan iritasi atau peradangan, oleh karena itu hal tersebut tidak disarankan. Meskipun demikian, ada kasus yang jarang terjadi di mana seseorang yang mandi sitz mengalami infeksi perineum setelahnya.

Menggunakan bak mandi atau mangkuk yang terkontaminasi atau baru saja menjalani prosedur pembedahan adalah penyebab umum hal ini; itu juga bisa terjadi jika Anda berbagi sitzbath dengan orang lain. Jika Anda mengalami peradangan, pembengkakan, atau kemerahan di area tersebut setelah mandi sitz, segera konsultasikan dengan ahli medis. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *