Lahan Hutan Beling Lesung Bulu Terbakar Seluas 1 Hektar

Warga bersama anggota TNI Koramil Bulu saat memadamkan api yang membekar lahan hutan di Belik Lesung, Bulu, Jumat (5/7).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Lahan hutan di Gunung Belik Lesung Desa Karangasem, Kecamatan Bulu dilanda kebakaran, Jumat (5/7) sekitar pukul 08.00 WIB. Kebakaran yang melanda lahan hutan tersebut terjadi karena ketidaksengajaan. Pasalnya, api yang membakar hutan berasal dari pembakaran sampah dari sisa-sisa kegiatan pembersihan saluran irigasi yang ada dilereng Gunung Belik Lesung tersebut.


Kabid Pemadam Kebakaran Satpol PP Sukoharjo Margono ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, dari informasi yang dia terima, sekitar pukul 07.00 WIB petugas kebersihan saluran irigasi wilayah barat melaksanakan kegiatan rutin membersihkan saluran irigasi di lereng gunung tersebut. “Sampah hasil pembersihan lantas dibakar dan tanpa didasari api yang menyala merembet ke semak-semak hutan dan meluas,” ujarnya.

Dari informasi yang terhimpun, api membakar lahan hutan seluas 1 hektar. Pemadaman api sendiri dilakukan oleh masyarakat Desa Karangasem, petugas pembersih saluran irigasi yang melakukan kegiatan dibantu oleh anggota TNI dari Koramil Bulu. Setelah dilakukan pemadam secara manual, akhirnya api berhasil dipadamkan sehingga lahan yang terbakar tidak meluas. (erlano putra)


Erlano Putra:
Tinggalkan Komentar