Kuota Vaksin Andalkan Kiriman Pusat, Realisasi Vaksinasi Corona Lambat

Pelaksanaan vaksinasi corona di Kabupaten Sukoharjo. (Dok).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Realisasi vaksinasi corona di Kabupaten Sukoharjo berjalan lambat meski vaksinasi terus dilakukan. Hal itu dikarenakan Pemkab Sukoharjo hanya mengandalkan kiriman vaksin dari pemerintah pusat. Hingga 12 Agustus, realisasi vaksin corona baru mencapai 19,81% dari target 719.754 sasaran.


“Kami terus berusaha menaikkan realisasi vaksinasi corona untuk masyarakat. Namun, sekali lagi daerah hanya bisa menunggu kiriman vaksin dari pusat yang jumlahnya terbatas,” ungkap Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, Sabtu (14/8/2021).

Dikatakan Etik, selama ini Pemkab bersinergi dengan TNI-Polri untuk mempercepat realisasi vaksin corona untuk masyarakat usia 18 tahun keatas. Selain itu, peran swasta dalam vaksinasi juga muncul dimana hal itu dilakukan oleh PT Konimex yang sudah menggelar vaksinasi untuk masyarakat Sukoharjo di The Park Mall.

Etik berharap swasta dalam hal ini perusahaan di Sukoharjo untuk ikut berkontribusi dalam hal vaksinasi. Disisi lain, dalam upaya menekan angka kasus positif corona, Etik mengingatkan masyaraat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, 5M.

Sesuai data Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo, realisasi vaksinasi Sukoharjo hingga 12 Agustus untuk dosis 1 mencapai 142.793 orang (19,84%). Sedangkan untuk dosis 2 sebanyak 77.817 orang (10,81%) dan dosis ke-3 (khusus nakes) sudah diberikan untuk 765 orang (0,11%)

Pemberian vaksin terus dilakukan agar capaian target sesuai sasaran dapat segera selesai. Khusus untuk lansia, hingga 9 Agustus realisasi vaksinasi mencapai 47.352 orang (46,93%) untuk dosis 1 dan 35.893 orang (35,55%) untuk dosis 2. Untuk sasaran lansia target vaksinasi diberikan pada 100.972 orang.

Seperti diketahui, saat ini masih ada 647 kasus positif corona aktif di Sukoharjo yang tersebar di 12 kecamatan. Terdiri dari 461 kasus isolasi mandiri, 56 kasus isolasi terpusat dan 130 kasus menjalani rawat inap di rumah sakit.

Kepala DKK Sukoharjo, Yunia Wahdiyati mengaku vaksin booster atau vaksin ketiga untuk nakes mulai diberikan. Untuk Sukoharjo sendiri menerima vaksin booster untuk nakes jenis moderna. Vaksin tersebut khusus diberikan untuk nakes yang menjadi garga terdepan dalam penanganan virus corona. Pemberian vaksin booster untuk nakes dilakukan secarab bertahap. (erlano putra)

Erlano Putra:
Tinggalkan Komentar