Kunci Kesuksesan dalam Islam

kunci kesuksesan dalam islam.(Foto: kumparan)

Sukoharjonews.com – Kesuksesan dalam karier atau bisnis biasanya dihubungkan pula dengan kemandirian finansial, yang memberikan kebebasan untuk hidup sesuai keinginan tanpa kekhawatiran ekonomi. Sukses biasanya membawa pengakuan dan penghargaan dari orang lain, baik dalam bentuk penghargaan formal maupun apresiasi dari keluarga dan teman.


Dikutip dari Islampos, pada Selasa (22/10/2024), untuk mencapai sebuah keberhasilan dan kesuksesan di dunia dan di akhirat ini, harus membutuhkan kunci penting agar memudahkan manusia untuk mencapai sebuah tujuan kesuksesan.

1. Kunci Kesuksesan Menurut Pandangan Islam: Ikhtiar
Jika kita ingin mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat, kunci sukses selanjutnya dengan ikhtiar atau dapat diartikan sebagai berusaha. Islam mengajarkan kepada kita jika ingin mendapatkan sesuatu tentunya kita harus berikhtiar, karena keinginan dan kesuksesan tidak akan kita raih tanpa ada ikhtiar didalamnya.

Rasulullah SAW telah bersabda dalam hadisnya:

“Barang siapa yang pada waktu sore merasa lelah karena pekerjaan kedua tangannya (mencari nafkah) maka pada saat itu dosanya diampuni.”


Orang yang mau berikhtiar akan di tinggikan derajatnya di mata Allah SWT, dan Allah tidak akan menukar nasib setiap hambanya, jika orang itu tidak memiliki keinginan kuat dengan ikhtiar.

Artinya tidak aka ada orang yang menjadi sukses, jika orang itu hanya bermalas-malasan.

2. Kunci Kesuksesan Menurut Pandangan Islam: Do’a
Kunci kesukses ini tentunya sangat lekat dalam kehidupan seorang muslim. Setiap melakukan ibadah di akhir sesinya akan disambut dengan munajatkan doanya.

Doa merupakan senjata yang paling mujarab yang Allah SWT janjikan kepada hambanya. Seperti yang dijelaskan dalam Al-Qur’an.

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya aku dekat. Aku perkabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran.” (Q.S Al-Baqarah: 186).

Itulah mengapa doa menjadi sangat penting sebagai kunci sukses umat islam.


3. Kunci Kesuksesan Menurut Pandangan Islam: Tawakkal
Setelah melakukan serangkaian do’a dan ikhtiar, selanjutnya rangkaian terakhir dari kunci kesuksesan adalah dengan tawakkal.

Kita sebagai seorang muslim yang memiliki keingan untuk sukses tentulah harus perbanyak doa dan ikhtiar, dan seperti apa hasilnya nanti tetaplah berserah diri kepada Allah SWT atau bertawakkal memohon yang terbaik menurutnya.

Artinya, berserahlah kepada Allah SWT, apapun dan bagaimana pun hasil yang diberikan oleh Allah SWT terhadap apa yang telah kita usahakan. Entah sesuai atau tidak dengan apa yang kita inginkan, harus tetap bersukur.


Dan yakinlah, apa yang sudah Allah SWT takdirkan terhadap hasil usaha kita, itu merupakan jalan terbaik. Karena hanya allah yang maha mengetahui apa yang terbaik bagi hambanya.

Karna terkadang apa yang kita anggap baik belum tentu dimata Allah baik pula, begitupun sebaliknya kadang menurut kita itu kurang baik dan tidak kita senangi mungkin dimata Allah SWT itulah yang terbaik untuk kita, agar kita senantiasa selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *