Kulit Anda Terasa Kering? Simak Bahan Alami yang Dapat Melembabkan Kulit Disini!

Bahan alami yang melembabkan kulit. (Foto: meramuda)

Sukoharjonews.com – Kulit kering atau xerosis bisa disebabkan oleh cuaca dingin, kebiasaan merokok, udara kering dan paparan sinar matahari berlebihan. Masalah ini juga bisa dipicu oleh kadar pH kulit yang tak seimbang. Salah satu cara untuk mengatasi kondisi tersebut adalah menggunakan pelembap wajah. Tapi, tidak semua orang cocok dengan kandungan bahan kimia di dalam produk yang dijual bebas di pasaran.


Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan pelembab wajah alami dari bahan-bahan yang mudah ditemui di rumah. Di antaranya minyak zaitun, madu, minyak kelapa, lidah buaya dan yoghurt. Dikutip dari VOI, pada Sabtu (23/9/2023), berikut bahan alami yang dapat melembabkan kulit Anda:

1. Madu
Madu (khususnya madu manuka) adalah salah satu benda paling multifungsi di dapur. Berkenaan dengan perawatan kulit, penelitian menemukan bahwa madu organik mentah memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu menyembuhkan luka kulit dan anti inflamasi.

Anda bisa menggunakan madu sebagai masker seminggu sekali dengan mengoleskan lapisan tipis pada kulit bersih selama kurang lebih 10 menit, sebelum dibilas dengan air hangat.


2. Minyak Zaitun
Minyak zaitun kaya akan vitamin E, antioksidan yang larut dalam minyak yang sering digunakan dalam produk anti-aging. Jika dioleskan secara topikal, ini dapat membantu mengurangi stres oksidatif pada kulit dan rambut. Namun, jika kulit Anda sensitif, penelitian menunjukkan bahwa penggunaan rutin dapat memperburuk eksim.

Selain untuk melembabkan, Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun sebagai pembersih makeup. Karena kandungan antioksidannya yang tinggi, kemampuan mengangkat riasan yang paling membandel sekalipun tak perlu diragukan lagi.

3. Lidah buaya
Ini adalah pilihan klasik mengatasi efek sunburn dan bahan favorit pelembab untuk kulit wajah kering. Lidah buaya memiliki kandungan tinggi akan vitamin A, C, E, dan B12, yang membantu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas. Ada juga kandungan enzim dengan fungsi mengurangi peradangan. Namun alasan kebanyakan orang menyukainya adalah mudah meresap ke dalam kulit.


4. Alpukat dan minyak alpukat
Buah ini bisa dimanfaatkan sebagai perawatan kulit berkat kandungan lilin, mineral, protein, dan vitamin. Penelitian menunjukkan bahwa alpukat dapat menjadi perawatan antioksidan yang menutrisi kulit. Minyak alpukat, yang diekstraksi dari daging buahnya, telah terbukti meningkatkan sintesis kolagen dalam sebuah penelitian.

5. Oat
Oat, ekstrak oat, dan koloid oat merupakan bahan favorit dalam produk perawatan kulit sensitif karena terbukti sangat menenangkan iritasi kulit. Penelitian menunjukkan bahwa hal ini disebabkan oleh sifat anti-inflamasinya serta efek antihistamin. Itulah sebabnya mengapa obat ini sering digunakan sebagai pereda reaksi alergi atopik.


6. Timun
Mungkin belum banyak penelitian mengenai manfaat sayuran untuk perawatan kulit, namun ada alasan mengapa timun sering digunakan di spa. Sayuran ini bisa menenangkan kulit lelah atau meradang. Tinggi kandungan air tidak hanya menghidrasi, namun penelitian menunjukkan nutrisi lain dalam timun juga dapat membantu mengurangi pembengkakan.

Jika Anda punya waktu di pagi hari, cukup letakkan dua irisan dingin timun di atas mata. Tujuannya, menghilangkan bengkak dan memberi energi pada kulit.

Itulah daftar bahan alami untuk melembabkan kulit kering. Sebelum diaplikasikan ke kulit, coba dulu oleskan bahan-bahan di atas pada kulit belakang telinga untuk mengetahui ada tidaknya reaksi alergi.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *