Ragam  

Kontak Erat Kembali Naik 156 Orang, Dalam Pantauan Masih 2.877 Orang

Waspada virus Corona, tetaplah di rumah. (ilustrasi)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Kenaikan harian kasus positif corona di Sukoharjo masih tinggi di kisaran 80-an kasus. Kondisi tersebut membuat jumlah kontak erat juga ikut naik signifikan. Kenaikan kasus positif baru didominasi dari kontak erat klaster keluarga. Berdasarkan update per 30 Juli, kenaikan harian kontak erat sebanyak 156 orang.




“Jumlah kontak erat dalam pantauan kembali naik, saat ini masih 2.877 orang yang tersebar di 12 kecamatan. Secara akumulasi kontak erat mencapai sudah 19.500 orang dan 16.779 orang diantaranya sudah selesai pemantauannya,” terang Jubir Satgas Penanganan Corona Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, Sabtu (31/7/2021).

Seorang kontak erat sendiri didefinisikan memiliki riwayat dengan kasus probable atau konfirmasi positif corona atau memberikan perawatan langsung terhadap kasus probable. Probable sendiri diartikan kasus suspek dengan Ispa berat atau meninggal dengan gejala corona dan belum ada hasil pemeriksaan swab PCR.

Sesuai update per 30 Juli, dalam sehari terjadi kenaikan 83 kasus positif corona baru. Disisi lain, kasus sembuh atau selesai isoman juga naik meski tidak sebanyak penambahan kasus. Saat ini kasus positif corona aktif masih 735 kasus. Terdiri dari 595 orang isolasi mandiri, satu isolasi terpusat dan 139 orang menjalani rawat inap di rumah sakit.

Yunia mengimbau masyarakat tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam upata mencegah penularan virus. Terlebih lagi virus corona varian delta terdeteksi sudah menyebar di Sukoharjo. Prokes dengan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas menjadi cara efektif untuk mengantisipasi penyebaran virus. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *