Konsumsi Sayuran Ini Untuk Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Sayur yang dapat turunkan darah tinggi. (Foto : Unplash)

Sukoharjonews.com – Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung yang paling bisa kamu cegah sejak dini. Ada banyak orang menggunakan obat-obatan untuk mengurangi tingkat tekanan darah. Padahal, penerapan perubahan gaya hidup termasuk modifikasi pola makan secara alami bisa membantu menurunkan tekanan darah ke kisaran optimal.

Dilansir dariHealthline, Kamis (22/6/2023), diet sehat sangat penting untuk membantu menurunkan tekanan darah. Kamu bisa memasukkan beberapa jenis sayuran yang kaya nutrisi terutama potasium dan magnesium ke dalam daftar menu dietmu. Berikut ini beberapa jenis sayuran terbaik untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

1. Brokoli
Salah satu cara cerdas untuk menurunkan tekanan darah adalah menambahkan sayuran brokoli ke dalam menu makanan sehatmu. Brokoli memiliki banyak efek menguntungkan bagi kesehatan terutama kesehatan sistem peredaran darah.

Adanya kandungan antioksidan flavonoid dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan cara meningkatkan fungsi pembuluh darah dan meningkatkan kadar oksida nitrat. Kamu bisa mengonsumsi brokoli 4 porsi atau lebih per minggu untuk merasakan manfaatnya.

2. Wortel
Wortel termasuk jenis sayuran yang paling banyak masuk dalam daftar menu diet sehat. Sayuran yang renyah dan manis ini mengandung senyawa fenolik tinggi seperti asam klorogenat, p-coumatic, dan caffeic yang membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan.

Hal ini tentu bermanfaat untuk penurunan tingkat tekanan darah. Kamu bisa mengonsumsi wortel mentah maupun olahan seperti jus wortel secara rutin untuk membuktikan manfaatnya.

3. Bayam
Siapa yang tidak suka mengkonsumsi bayam? Sayuran hijau yang satu ini sangat mudah kamu temukan di berbagai menu makanan. Bayam ternyata mengandung banyak antioksidan, nitrat, potassium, kalsium, dan magnesium.

Oleh karena itu, kamu bisa menjadikan bayam sebagai pilihan yang sangat tepat untuk penderita tekanan darah tinggi. Mengonsumsi sup bayam bahkan bisa mengurangi kekakuan arteri sehingga bisa menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

4. Tomat
Melansir dari Medical News Today, tomat dan olahannya mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Tomat mengandung banyak nutrisi terutama potassium dan likopen yang secara signifikan menguntungkan pada kesehatan jantung. Mengonsumsi tomat segar atau jus tomat secara rutin dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung termasuk tekanan darah tinggi.

5. Kacang dan Lentil
Kacang dan lentil banyak mengandung serat, magnesium, dan potassium yang berperan dalam mengatur tekanan darah. Mengonsumsi kacang-kacangan dan lentil secara signifikan bisa menurunkan tingkat tekanan darah pada rata-rata orang dengan atau tanpa hipertensi. (patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar