Konsumsi Rempah Herbal Ini untuk Meningkatkan Suplai ASI

Herbal untuk memperlancar ASI.(Foto: moimoom)

Sukoharjonews.com – ASI adalah air susu yang dihasilkan oleh ibu sebagai makanan utama untuk sang buah hati. ASI seret selalu menjadi momok menakutkan bagi semua ibu di luar sana. Jika ASI tidak lancar atau seret anak akan rewel dan sang ibu tidak akan merasa nyaman.


Dikutip dari Mother & Beyond, pada Minggu (10/3/2024), inilah rempah herbal yang dapat meningkatkan suplai ASI Anda:

1. Fenugreek
Fenugreek merupakan tanaman yang umumnya tumbuh di wilayah Mediterania. Tanaman yang biasa disebut kelabat atau klabet ini merupakan ramuan yang paling sering digunakan untuk meningkatkan suplai ASI dan merupakan bahan utama pada banyak teh laktasi. Kemampuan fenugreek dalam meningkatkan produksi ASI diduga karena herba ini dapat menstimulasi kelenjar keringat. Pada dasarnya, kelenjar air susu merupakan turunan dari kelenjar keringat, sehingga bisa distimulasi juga oleh fenugreek.

2. Susu Thistle
Milk thistle atau Silybum marianum merupakan tanaman berduri yang memiliki bunga berwarna ungu dan daun yang memiliki vena putih yang khas, yang biasa digunakan sebagai bahan obat herbal. Berdasarkan cerita lampau, vena putih pada daun tanaman tersebut dianggap melambangkan ASI dan diyakini dapat membantu meningkatkan suplai ASI.


3. Jelatang
Sejak zaman kuno, jelatang atau jelatang telah menjadi bahan pokok dalam pengobatan herbal. Jelatang diketahui kaya zat besi serta mengandung banyak vitamin dan mineral. Saat dikonsumsi setelah melahirkan, jelatang dipercaya dapat mengobati anemia, mengatasi kelelahan, serta meningkatkan suplai ASI.

4. Alfalfa
Alfalfa merupakan tanaman herbal yang mengandung vitamin, mineral, kaya antioksidan, rendah lemak jenuh, serta tinggi protein dan serat. Sejak lama alfalfa telah digunakan ibu menyusui untuk mendukung proses laktasi. Alfalfa juga diketahui mengandung fitoestrogen atau komponen tanaman yang menyerupai estrogen yang dipercaya mampu meningkatkan suplai ASI.

5. Jahe
Jahe biasa digunakan untuk menambah rasa pada makanan dan mengatasi berbagai masalah kesehatan. Selain bisa membantu mengatasi mabuk perjalanan atau masalah pencernaan, di beberapa bagian dunia tertentu, jahe merupakan galaktagog alami dan salah satu makanan laktogenik yang efektif untuk meningkatkan suplai ASI.


6. Ragi Bir
Brewer’s yeast tidak hanya biasa digunakan sebagai bahan pembuatan roti, tapi juga digunakan sebagai galaktagog untuk ibu menyusui. Brewer’s yeast diketahui mengandung protein yang mudah dicerna, mineral, vitamin B, asam amino utama serta kromium yang dapat mendukung suplai ASI yang sehat untuk ibu menyusui.

Meski begitu, sebelum memutuskan untuk mengonsumsi rempah dan herbal tersebut guna meningkatkan suplai ASI, pastikan ibu telah berkonsultasi dengan dokter atau ahli laktasi terlebih dahulu ya.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *