Komitmen Turunkan Stunting, Kampanye Gemar Makan Ikan di Sukoharjo Diintensifkan

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani bercengkerama dengan anak=anak saat Kampanye Gemarikan di Balaidesa Krajan, Kecamatan Gatak, Jumat (28/7/2023).

Sukoharjonews.com (Gatak) – Dalam upaya untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Sukoharjo, Dinas Pertanian dan Perikanan intensif melakukan kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Selain untuk menurunkan angka stunting, kampanye tersebut sekaligus untuk mendongkrak angka konsumsi ikan di Sukoharjo yang masih rendah.

“Program gemarikan sudah dicanangkan sejak lama, yakni tahun 2004 dan terus dilakukan hingga saat ini. Program gemarikan juga menjadi program prioritas dinas sejak 10 tahun lalu,” ujar Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo, Bagas Windaryatno saat Kampanye Gemarikan di Balaidesa Krajan, Kecamatan Gatak, Jumat (28/7/2023).

Dikatakan Bagas, sasaran kampanye gemarikan adalah balita, anak usia sekolah, dan masyarakat. Selain dalam upaya penurunan stunting, juga untuk meningkatkan angka konsumsi ikan di Sukoharjo yang masih rendah.

Sementara itu, Bupati mengatakan, melalui Kampanye Gemarikan diharapkan dapat dijadikan sebagai salah satu upaya untuk menumbuh kembangkan kepedulian dan kecintaan masyarakat Kabupaten Sukoharjo untuk gemar makan ikan sejak usia dini. “Kita berusaha untuk mendorong masyarakat terutama ibu-ibu hamil dan balita serta anak-anak agar gemar mengkonsumsi ikan,” ujar Etik.

Menurutnya, di dalam ikan ada asam lemak tidak jenuh Omega 3 terutama yang disebut EPA dan DHA yang terbukti dapat menurunkan kadar kolestrol, trigliserida dan lipoprotein darah. Selain itu ikan mengandung zat omega 3 yang sangat penting untuk perkembangan kecerdasan anak terutama pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

Bupati juga mengatakan, makan ikan selain bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan anak, juga dapat mencegah terjadinya stunting. Untuk itu, Bupati mendorong peran serta Pemerintah Desa dalam peningkatan angka konsumsi ikan.

“Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di lingkungan masing-masing dengan menyuguhkan ikan sebagai hidangan. Bisa saat rapat, pertemuan, dan lainnya,” tambahnya. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar