Ketika Pandemi Covid-19 Menginspirasi Ibu Rumah Tangga di Sukoharjo untuk Membuka Usaha

“Carlina Store” Desa Karangwuni, Kecamatan Polokarto, Sukoharjo.

Sukoharjonews.com – Lika-liku perjuangan ibu rumah tangga ini sangat panjang. Namanya Carlina, warga Desa Karangwuni, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo. Saat terjadi Pandemi Covid-19, Carlina pun berpikir untuk membuka usaha sendiri.

Inspirasi untuk membuka usaha sendiri tidaklah datang tiba-tiba. Hal itu bermula ketika Carlina bekerja di sebuah lapak pakaian yang penjualannya secara online di Desa Plumbon, Kecamatan Mojolaban, kemudian berjualan pakaian di BTC (Beteng Trade Center) Solo.

Saat terjadi Pandemi Covid-19 pada akhir 2019, dengan kondisi mewabahnya penyakit tersebut Carlina pun mulai berinisiatif membuka usaha mandiri di rumah tempat tinggalnya yakni di Desa Karangwuni. Bidang usaha yang dia pilih adalah bidang yang selama ini diatekuni, yakni berjualan pakaian dan peralatan rumah tangga.

Carlina mendapat dukungan dari suami dan UMKM yang diberi nama “Carlina Store” pun mampu bertahan hingga sekarang. Padahal, awal mulai membuka usaha banyak cemoohan yang meragukan usahanya tersebut. Namun, kegigihan Carlina mampu membuktikan melalui UMKM yang mampu bertahan dan menjadi tulang punggung keluarganya.

Meski berada di desa, “Carlina Store” banyak didatangi pembeli. “Kalau paling banyak pembli ya pas bulan Ramadhan menjelang Hari Raya Idul Fitri karena banyak yang membeli baju baru,” ungkapnya, Kamis (28/12/2023).

Carlina bercerita jika saat awal mulai membuka usaha, dirinya dibantusaudara iparnya yang merupakan pengusaha konveksi yang bertempat di Yogyakarta. Setelah berdiskusi, kemudian Carlina diberikan modal berbentuk pakaian wanita seperti piyama, daster, dan celana oblong untuk dijual dirumahnya secara offline.

Seiring berjalannya waktu, usahanya pun mulai dikenal oleh masyarakat sekitar, hingga akhirnya Carlina melanjutkan usaha ini dan ditambahkan dengan produk pakaian anak-anak hingga menjual bahan kebutuhan pokok rumah tangga seperti gula, sabun, tepung terigu, dan lainnya.

Dari usaha yang dimulai dari 1-10 Pcs pakaian, produk yang dijual pun terus bertambah. Carlina juga melengkapi koleksi pakaiannya seperti pakaian dewasa, pakaian anak-anak, pakaian pria, pakaian wanita, bahan pokok kebutuhan rumah tangga, perkakas rumah tangga, produk skincare, mainan anak-anak, dan accecoris menarik lainnya.

Soal harga pakaian yang dijual pun sangat terjangkau. Dari yang murah Rp8.000 hingga hingga Rp80.000. Dengan terjangkaunya harga, para konsumen terus berbondong-bondong datang ke tempat “Carlina Store”. Lapak ini buka setiap hari dari pukul 08.00-20.00 WIB. Lapak ini menerima pembayaran secara tunai maupun non tunai melalui QRIS, serta lapak ini menerapkan sistem beli ecer namun harga grosir.

“Carlina store ini menyuguhkan produk yang sangat lengkap, kalau saya beli sini sangat senang karena harganya yang sangat terjangkau. Memiliki tempat yang nyaman, tempat lapak yang dekat dengan rumah, produk yang sangat komplit dari pakaian sampai kebutuhan rumah tangga,” ujar salah satu pelanggan “Carlina Store”, Dwi. (wisnu-mg3/nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar