Kesehatan Mental Tetap Terjaga, Ini Beragam Manfaat Mengurangi Penggunaan Medsos Bagi Generasi Muda

(Foto: Troyan via Shutterstock)

Sukoharjonews.com – Di era digitalisasi sekarang banyak muda-mudi yang kesehatan mentalnya terganggu dan merasa kurang nyaman dengan lingkungannya. Salah satu penyebabnya adalah karena penggunaan media sosial (medsos). Saat ini melepaskan diri dari media sosial adalah bentuk perubahan terbesar dalam hidup demi menjaga kesehatan mental, tak ayal banyak juga para pengguna media sosial yang melepas kehidupan sosial dari aplikasi tertentu seperti Tiktok, Instagram, X/Twitter, maupun Facebook.

Di dalam media sosial banyak sekali hal yang terhubung dengan mudah. Di samping kegunaan mengakses informasi dengan mudah, keaktifan dalam media sosial seringkali berdampak buruk bagi penggunanya. Terlalu sering mengakses media sosial dapat berakibat buruk dan mengakibatkan kesehatan mental terganggu apabila juga terdapat konten yang kurang baik.

Mengurangi penggunaan sosial media mempunyai beragam manfaat yang siginifikan. Dilansir dari Healthnews, Sabtu (23/12/2023), manfaat dari mengurangi penggunaan media sosial adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan fokus dan produktivitas
Mengurangi penggunaan media sosial dapat meningkatkan fokus dan produktivitas sehingga dapat fokus dengan tugas tanpa adanya gangguan notifikasi dari media sosial tertentu.

2. Meningkatkan kepercayaan diri
Dengan menjauh dan mengurangi intensitas bermain media sosial, kepercayaan diri dapat meningkat karena tidak adanya perbandingan yang terus-menerus dari orang-orang. Dengan hal ini juga akan meningkatkan rasa cinta untuk diri sendiri dan mengurangi rasa insecure.

3. Meningkatkan kualitas tidur
Mengurangi penggunaan media sosial dapat meningkatkan kualitas tidur karena paparan layar yang juga berkurang intensitasnya. Paparan radiasi dari layar handphone dapat mengganggu kualitas tidur, dengan menguranginya tidur akan lebih nyenyak dan nyaman.

4. Menciptakan hubungan yang lebih baik dengan orang-orang
Mengurangi penggunaan media digital dapat membangun hubungan berkualitas dengan orang di sekitar karena waktu yang dihabiskan juga lebih banyak tanpa adanya distraksi dari media sosial.

5. Meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi kecemasan
Tanpa adanya campur tangan media sosial yang bertubi-tubi di kehidupan sehari-hari, hidup akan jauh lebih menenangkan karena dapat menikmati ketenangan dari alam dan lingkungan sekitar sehingga hidup lebih bahagia.

6. Menghindari paparan berita negatif
Menjauh dari dunia digital sangat bermanfaat karena dapat lebih menyaring berita-berita yang bermunculan di halaman muka media sosial, terutama berita negatif yang dapat berpotensi membuat diri stres karena ketidakstabilan perasaan ketika membaca berita tersebut.

7. Mempunyai kontrol waktu yang tinggi
Tanpa menghabiskan waktu untuk menelusuri media sosial, waktu yang tersedia semakin banyak dan dapat dimanfaatkan untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat seperti menjalankan hobi. Memiliki kendali atas waktu akan meningkatkan rasa otonomi dan kepuasan.

Dari hal-hal yang telah disebutkan dapat disimpulkan bahwa mengurangi penggunaan media sosial memanglah bermanfaat dan berguna untuk diri sendiri di usia muda ini. Menjadi pribadi yang lebih produktif dan bisa menjaga kesehatan mental mulai dari saat ini hingga seterusnya. (wisnu-mg3/nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar