Kenapa Kucing Tidak Menyukai Air? Simak Jawabannya Disini!

Alasan kucing takut air. (Foto: madpaws)

Sukoharjonews.com – Kebanyakan kucing tidak menyukai air meski beberapa ras kucing yang tidak takut air. Bahkan, banyak video dan foto yang menunjukkan perilaku kucing tidak senang dimandikan. Hal ini mungkin juga pernah kamu alami ketika hendak memandikan sahabat bulu. Kucing akan berontak mencoba keluar dari kamar mandi hingga mencakar tangan Anda.


Kucing juga termasuk hewan rewel yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk merawat diri. Bagi kucing, bulu basah sangat tidak nyaman dan seringkali membutuhkan waktu lama untuk kering. Dikutip dari VOI, pada Rabu (14/6/2023), berikut alasan mengapa kucing tidak menyukai air:

1. Kucing tak suka air karena proses evolusi
Kucing diyakini telah didomestikasi 9.500 tahun yang lalu di Timur Tengah. Mereka berevolusi di iklim gurun yang gersang dan jauh daru sungai, danau, bahkan hujan. Hal ini mengakibatkan kucing saat ini kebanyakan menghindari genangan air. Bahkan, kucing sering mencari perlindungan dari hujan dan badai petir.

Berbeda dengan ras Angora Turki dan Van Turki. Kedua ras ini dikenal suka dengan air dan bisa berenang. Mereka beradaptasi dengan iklim tinggalnya, yaitu di wilayah Danau Van Turki. Ras lain yang menyukai air, antara lain adalah Bengal, Maine Coon, dan American Bobtail.


2. Upaya kucing mempertahankan suhu tubuh
Apabila Anda memperhatikan, kucing banyak menghabiskan waktu untuk menjilati tubuhnya. Ini akhirnya disebut dengan ‘mandi kucing’. Kalau ditelisik lebih jauh, perilaku mandi ini merupakan upaya kucing menjaga suhu tubuhnya. Ketika bulu kucing basah karena air, sulit bagi mereka untuk kembali hangat dan kering.

3. Kucing peka terhadap aroma
Indra penciuman kucing empat belas kali lebih sensitif daripada manusia. Banyak orang akhirnya berspekulasi bahwa karena itu menyebabkan kucing tak suka aroma sampo, bahan kimia perawatan bulu lainnya, bahkan bau air keran.


4. Kucing punya pengalaman buruk pada air
Seperti halnya pada manusia, kucing juga mengalami pengalaman buruk yang berkorelasi membentuk perilakunya. Jika kucing sering terjebak hujan deras tanpa perlindungan, disemprot air, atau dipaksa mandi sehingga mereka tak merasa nyaman, ini justru membuat kucing semakin benci terhadap air. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki kucing di rumah, wajib mengondisikan situasi agar kucing kesayangan tetap nyaman dan tak mengalami pengalaman traumatis terhadap air.

Nah, ketika memandikan, Anda perlu mengenali cara-cara untuk membuat kucing merasa nyaman dengan air. Biasanya, kucing dimandikan untuk menghindari masalah kulit. Mandi juga diperlukan jika kucing berguling-guling di sesuatu yang lengket atau bau.

Sebelum memandikan kucing, cobalah membiasakannya dengan bak mandi. Ini merupakan upaya agar mereka terbiasa dengan ruangan tersebut. tempatkan kucing di bak atau wastafel kosong dengan mainan, catnip, atau camilan sehingga dapat mengaitkan lokasi tersebut secara positif.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *