Kenali Diri Sendiri dan Melakukan Self-Talk untuk Menjaga Kesehatan Mental

Manfaat self talk.(Foto: aladokter)

Sukoharjonews.com – Self-talk adalah suatu upaya memberikan afirmasi positif untuk diri sendiri dengan melakukan monolog menggunakan kalimat-kalimat yang baik. Positive self-talk dapat berpengaruh pada pikiran, perasaan, serta perilaku diri sendiri.

Dilansir dari Siloam Hospital,Jum’at (20/9/2024), setiap orang pasti pernah mengalami fase di mana ia merasa kurang percaya diri, sehingga akhirnya muncul pikiran-pikiran negatif dari kepalanya sendiri. Menerapkan positive self-talk adalah cara yang bisa dilakukan untuk mengusir pikiran buruk tersebut.

Mari ketahui bagaimana cara melakukan self-talk dengan benar dan apa saja manfaatnya bagi kesehatan mental dalam artikel berikut ini.

Apa itu Self-Talk?
Self-talk adalah berbicara dengan diri sendiri menggunakan cara yang positif. Upaya ini juga dapat membantu seseorang dalam mengambil keputusan dengan tepat dan menjadi lebih bijak dalam menghadapi masalah kehidupan.

Melalui positive self-talk, seseorang akan terus terdorong untuk berpikir positif, optimis, termotivasi, dan selalu berusaha melihat sisi positif dari segala hal. Salah satu contoh afirmasi dalam positive self-talk adalah kalimat “semua akan baik-baik saja.”

Cara Melakukan Self-Talk
Berbicara dengan diri sendiri sebenarnya mudah dilakukan, namun tidak semua orang bisa termotivasi untuk memikirkan hal-hal positif tentang dirinya atau apa yang dimiliki sekarang. Alhasil, seseorang justru cenderung melakukan negative self-talk yang berisi pikiran negatif. Jika ingin melakukan positive self-talk, berikut adalah beberapa langkah yang bisa diterapkan.

1. Mengenali Pikiran Negatif
Langkah pertama dalam melakukan self-talk adalah mengenali pikiran negatif yang sering muncul. Ketika sedang berada dalam situasi tertentu, usahakan untuk menahan diri agar tidak mengungkapkan atau membiarkan pikiran negatif tersebut mengendalikan Anda.

2. Pahami Perasaan Diri Sendiri
Ketika sedang dipenuhi pikiran negatif, cobalah mencari tahu penyebabnya dengan mengambil jeda atau istirahat sejenak. Jeda tersebut dapat membantu membuat pikiran kembali jernih. Kemudian, pikirkan secara perlahan, apa yang bisa dilakukan agar perasaan dan pikiran Anda dapat menjadi lebih baik.

3. Pikirkan Kata-Kata Positif
Cobalah memikirkan kata-kata positif yang tepat untuk memotivasi diri dalam menghadapi masalah. Apabila Anda sedang mengalami suatu kegagalan, maka cobalah berpikir bahwa kegagalan tersebut bisa menjadi pengalaman berharga untuk menjadi individu yang lebih baik lagi di masa depan.

4. Berikan Afirmasi Positif
Ketika melakukan self-talk, cobalah berdiri di depan cermin dengan memberikan apresiasi dan afirmasi positif kepada diri sendiri terhadap segala sesuatu yang sudah berhasil dilalui. Selain berbicara di depan kaca, hal ini juga bisa dilakukan dengan melihat gambar atau kata-kata yang bisa memberikan pengaruh positif ke dalam pikiran Anda.

5. Bergabung dengan Circle yang Positif
Beberapa orang mungkin tidak sadar bahwa tubuh dan pikirannya memiliki kemampuan untuk menyerap pandangan dan emosi dari orang-orang di sekitarnya. Oleh karena itu, bergabunglah dengan orang-orang yang bersikap dan mengeluarkan aura positif, serta hindarilah lingkup orang-orang dengan negative vibe.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *