Kelopak Mata Anda Kering? Simak Penyebabnya Berikut

Penyebab kelopak mata kering. (Foto: verywell health)

Sukoharjonews.com – Kulit kering bisa terasa tidak nyaman di bagian tubuh mana pun, tetapi bisa sangat mengganggu saat itu terjadi di kelopak mata. Untuk satu hal, solusi kulit kering seperti losion dan krim sering kali dirancang untuk dijauhkan dari mata Anda. Plus, mungkin sulit untuk menentukan mengapa, tepatnya, kelopak mata Anda menjadi kering.


Dikutip dari Real Simple, pada Rabu (12/7/2023), kulit di kelopak mata Anda lebih tipis dan lebih sensitif daripada kulit di bagian tubuh Anda yang lain. Jika kelopak mata Anda teriritasi, mungkin terasa kering, bersisik, atau kasar. Mereka mungkin juga gatal, terbakar, atau menyengat. Gejala-gejala ini dapat berkisar dari membosankan hingga parah. Oleh karena itu, simak penyebab kelopak mata Anda kering berikut:

1. Usia
Seiring bertambahnya usia, kulit Anda mungkin menghasilkan lebih sedikit sebum minyak yang membantu melembapkan kulit Anda. Ini cenderung terjadi sekitar usia 40 tahun, dan dapat menyebabkan kulit Anda menjadi lebih kering dan lebih sensitif. Juga, lemak di sekitar mata berkurang seiring bertambahnya usia, membuat kulit kelopak mata semakin tipis dan lebih rentan terhadap kekeringan dan iritasi.


2. Paparan Matahari
Terlalu banyak sinar matahari dapat membakar kulit Anda, membuatnya terasa kering dan bersisik. Dan karena kelopak mata Anda sensitif dan terbuka, mereka mungkin sangat rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Paparan sinar matahari adalah penyebab kelopak mata kering yang besar. Kulit di kelopak mata Anda selalu berisiko terkena paparan sinar matahari.

3. Dermatitis atopik
Dermatitis atopik adalah kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan kulit kelopak mata menjadi kering dan teriritasi. Dan meskipun dermatitis atopik sangat mirip dengan dermatitis kontak, kedua kondisi ini berbeda. Dermatitis kontak adalah reaksi sementara terhadap iritasi atau alergen, sedangkan dermatitis atopik adalah kondisi kesehatan yang dapat Anda alami berulang kali sepanjang hidup Anda.


4. Blefaritis
Jika kelopak mata Anda meradang, gatal, dan dilapisi sisik seperti ketombe, Anda mungkin mengalami blepharitis. Blepharitis diduga disebabkan oleh bakteri, alergi, atau serangan tungau, dan dapat dikaitkan dengan kondisi kulit lainnya, seperti rosacea dan ketombe pada wajah.

5. Mata kering
Jika mata Anda tidak menghasilkan cukup air mata, Anda mungkin mengalami kondisi yang disebut mata kering. Meskipun mata kering cenderung memengaruhi bagian dalam mata Anda, hal itu dapat menyebabkan mata Anda menjadi merah atau iritasi dan Anda mungkin juga memperhatikannya di kelopak mata.


Demikian beberapa penyebab kelopak mata kering. Jika Anda mengalami gejala tersebut terus-menerus, tidak ada salahnya untuk segera menghubungi dokter terpercaya Anda.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *