Kekeringan Ditengah Pandemi, Pemkab Jamin Kebutuhan Air Bersih Warga Terdampak

Dropping air bersih untuk warga yang dilanda kekeringan di Desa Watubonang, Tawangsari tahun lalu. (Dok)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Sejumlah wilayah di Sukoharjo selalu terdampak kemarau dengan mengalami kekeringan. Seperti Kecamatan Weru, Bulu, dan Tawangsari. Terkait kekeringan yang menyebabkan warga sulit mendapatkan air bersih, Pemkab Sukoharjo menjamin kebutuhan warga dengan melakukan pengiriman atau dropping air bersih. Warga satu wilayah yang mengalami kesulitan air bersih bisa mengajukan pengiriman melalui Badan Penanaggulangan Bencana Daerah (BPBD).



Kemarau yang menimpa warga saat ini dalam situasi pandemi virus corona. Untuk itu, dalam pengiriman air bersih nanti juga menggunakan protokol kesehatan terkait corona. Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya mengatakan, selama ini Pemkab selalu mengirimkan air bersih pada warga terdampak kekeringan setiap musim kemarau.

“Kalau warga mulai kesulitan air bersih, langsung saka kirim surat melakui desa dan kecamatan ke BPBD, nantinya air bersih akan dikirim,” ujar Bupati, Minggu (9/8/2020).

Menurutnya, selama ini dropping air bersih juga dikirim ke sejumkah tempat fasilitas umum masyarakat seperti mushola, masjid, sekolah, puskesmas dan lainnya. Di tengah pandemi virus corona saat ini, kebutuhan air bersih meningkat karena air bersih tidak hanya untuk memasak dan minum saja, tapi juga cuci tangan menggunakan sabun.

“Penanganan virus corona tetap jalan, termasuk penerapan protokol kesehatan cuci tangan menggunakan sabun,” ujar Bupati.

Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Sukoharjo, Sri Maryanto mengatakan, kondisi cuaca sekarang sulit diprediksi. Pasalnya, meski sudah masuk musim kemarau, namun dibeberapa wilayah masih turun hujan. Kondisi tersebut sangat berpengaruh pada ketersediaan air bersih khususnya di wilayah rawan kekeringan. Sri Maryanto mengaku hingga saat ini belum ada pengajuan pengiriman air bersih. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed