Ragam  

Kebun Durian Desa Sanggang Sukoharjo, Upaya Dongkrak Perekonomian Lokal

Kebun durian Desa Sanggang, Kecamatan Bulu, Sukoharjo.

Sukoharjonews.com – Warga Desa Sanggang, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo berusaha menjadikan kawasan perbukitan menjadi kebun durian. Upaya tersebut dilakukan untuk mendongkrak perekonomian lokal. Kebun durian ini digagas sejak tahun 2018 silam.

Dalam upaya mewujudkan kebundurian tersebut, warga mendapatkan hibah bibit dari CSR Pertamina. Dalam program tersebut, sebanyak 2.000 bibit durian ditanam oleh para petani di berbagai lahan di desa ini. Jenis durian yang dibudidayakan meliputi Durian Montong, Musangking, Bawor, dan durian lokal.

Meski belum seluruh pohon menghasilkan buah, beberapa bagian kebun sudah mulai panen secara bertahap dalam beberapa tahun terakhir. Panen ini, meski masih terbatas, memberikan angin segar bagi para petani setempat.

“Tahun lalu, para petani mulai menjual durian dengan sistem kiloan, baik secara online maupun melalui cara konvensional dari mulut ke mulut, bahkan saat durian masih berada di pohon,” ungkap salah satu warga, Banu, Selasa (8/10/2024).

Menurutnya, kebun durian di Desa Sanggang juga telah menjadi salah satu destinasi wisata buah yang dinanti-nanti oleh masyarakat, terutama menjelang panen raya yang direncanakan akan berlangsung besar-besaran di tahun-tahun mendatang.

Banu mengatakan, “Harapan kami dengan adanya wisata lokal ini bisa meningkatkan perekonomian lokal para petani di Desa Sanggang.”

Para petani di Desa Sanggang terus merawat kebun durian mereka dengan tekun. Mereka optimististis panen raya berikutnya akan meningkatkan pendapatan mereka dan membawa dampak positif bagi para petani. (mg-02/nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *