Kebiasaan Minum Kopi yang Bisa Membuat Kamu Lebih Cepat Menua Menurut Ahli Diet

Kopi yang bikin cepat menua. (Foto : Freepik)

Sukoharjonews.com – Jika kamu membutuhkan secangkir kopi untuk memulai hari, maka kamu tidak sendirian, ada banyak orang yang mempunyai kebiasaan minum kopi setiap hari. Sayangnya, kebiasaan minum kopi yang buruk dapat menyebabkan penuaan lebih cepat.

Dilansir dari Eat This, Rabu (16/8/2023) , setiap orang pasti ingin awet muda dan menunda masa penuaannya. Jadi, kamu perlu mencari tahu apa yang harus dihindari saat kamu ingin minum kopi.

Yuk, perhatikan kebiasaan minum kopi yang berpotensi membuat kamu menua lebih cepat

Minum Kopi Sebelum Sarapan
Sarapan adalah makanan terpenting untuk menjaga stamina sepanjang hari. Mengganti sarapan dengan kopi tentu saja tidak baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

Pasalnya, melewatkan waktu makan utama dapat menyebabkan pola makan yang kurang bergizi. Kebiasaan minum kopi sebelum sarapan bisa menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan yang serius.

Minum Kopi Ekstra Manis
Jika kamu tidak suka minum kopi hitam dan lebih suka menambahkan krim dan pemanis, ini bisa mempengaruhi kesehatanmu. Gula dalam jumlah sedang mungkin masih tidak apa-apa, namun berlebihan dalam menambahkan gula di kopi bisa menumpuk seiring waktu. Seiring bertambahnya usia, kamu mungkin melihat peningkatan besar gula darah, peradangan, dan kondisi kesehatan lainnya.

Mengonsumsi terlalu banyak gula secara teratur juga dapat berkontribusi pada penuaan kulit yang lebih cepat. Gula ini bisa merusak kadar kolagen kulit sehingga dapat mengurangi elastisitasnya dari waktu ke waktu.

Minum Kopi Sebagai Pengganti Air
Minum air adalah kebisaan yang sering dilupakan banyak orang. Orang-orang justru cenderung minum kopi atau minuman lainnya. Padahal, minum kopi bisa menjadi penyebab dehidrasi dan bencana bagi kesehatanmu terutama pada kulit, pencernaan, penyerapan nutrisi, dan persendian. Jadi, pastikan kamu minum air mineral lebih banyak daripada minum kopi.

Minum Kopi Sepanjang Hari Hingga Malam
Saat kamu harus memilih kapan harus minum kopi, lakukan yang terbaik untuk minum di pagi hari setelah sarapan. Meskipun kafein tidak membuat kamu terjaga hingga larut malam, bukan berarti kamu harus minum segelas tepat sebelum tidur. Kafein yang dikonsumsi terlalu dekat dengan waktu tidur dapat mengganggu istirahatmu.

Sementara itu, kualitas tidur yang buruk dapat merusak sistem kekebalan tubuh, suasana hati, dan metabolisme. Saat satu malam saja kamu kurang tidur, hal ini bisa membuat sel menua lebih cepat dan berkontribusi pada penyakit dari waktu ke waktu.

Menggunakan Pemanis Buatan
Pemanis buatan adalah masalah besar bagi kesehatan jangka panjang. Menambahkan pemanis dalam minuman kopi memang bisa memberikan kenikmatan daripada kopi hitam asli. Namun, kopi dengan pemanis buatan seperti sukralosa dan aspartam berdampak buruk bagi kesehatan.

Jenis pemanis ini dapat merusak kadar insulin dan kesehatan usus serta mempengaruhi semua jalur vital dalam tubuh. Kamu bahkan bisa kecanduan sehingga menginginkan banyak makanan manis sepanjang hari.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar