Kebiasaan Makan Tidak Sehat yang Menyebabkan Rambut Rontok

Makan Tidak Sehat yang Menyebabkan Rambut Rontok .(Foto:Jivee)

Sukoharjonews.com – Saat Anda mengonsumsi makanan, Anda tidak hanya mengenyangkan perut atau mengenyangkan lidah, tetapi juga rambut dan kulit Anda. Meski terdengar mengejutkan, jika Anda memiliki kebiasaan makan yang tidak sehat, hal itu akan tercermin pada penampilan dan perasaan rambut Anda. Rambut rontok atau penipisan rambut merupakan masalah umum saat ini akibat gaya hidup yang membosankan, stres berlebihan, dan kebiasaan makan yang tidak sehat. Jika rambut rontok selalu menjadi kekhawatiran Anda, mulailah membuat pilihan makanan yang lebih sehat dan sediakan bahan-bahan bergizi.

Dikutip dari Healthshots, pada Selasa (26/3/2024), karena makanan menyediakan nutrisi penting untuk berfungsinya tubuh, makanan juga menyediakan nutrisi untuk rambut. Berikut daftar kebiasaan makanan yang dapat menyebabkan rambut rontok:

1. Terlalu banyak makan makanan yang digoreng atau berminyak
Ada hubungan antara lemak yang ditemukan dalam makanan yang digoreng dan peningkatan kadar dihidrotestosteron (DHT) dan testosteron, hormon yang menyebabkan pola kebotakan pada pria dan wanita. Makanan yang digoreng atau berminyak tidak mengandung lemak sehat yang pada gilirannya berkontribusi terhadap kerontokan rambut. Selain itu, ketika Anda mengonsumsi makanan yang dimasak dengan suhu tinggi, hal itu meningkatkan stres oksidatif dalam tubuh, menyebabkan peradangan yang pada akhirnya menyebabkan rambut rontok.

2. Mengonsumsi makanan dengan kadar merkuri tinggi
Beberapa jenis ikan seperti makarel, sushi, ikan todak, dan tuna tertentu mengandung merkuri yang tinggi. Tingkat merkuri yang tinggi dikaitkan dengan rambut rontok. Jadi, perhatikan apa yang Anda makan!

3. Pola makan rendah protein
Protein mengandung asam amino yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut. Folikel rambut membutuhkan pasokan protein yang konstan agar dapat tumbuh dan berfungsi dengan baik. Kekurangan protein menyebabkan rambut menipis, rambut rontok dan rambut rapuh.

4. Mengonsumsi makanan tinggi indeks glikemik
Makanan glisemik tinggi terlalu mudah terurai menjadi gula. Peningkatan gula ini meningkatkan insulin dan androgen dalam tubuh, sehingga berdampak buruk pada kesehatan rambut.

5. Mengonsumsi makanan kaya gula olahan
Mengonsumsi gula olahan tingkat tinggi menyebabkan peningkatan insulin, yang menyusutkan folikel rambut yang menyebabkan kerontokan rambut dini. Yang terbaik adalah menghindari makanan yang dipanggang dan makanan kemasan sebisa mungkin.

6. Rendahnya asupan zinc dan zat besi
Seng dan zat besi membantu pembentukan keratin, yang penting untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut. Rendahnya asupan nutrisi tersebut berdampak buruk pada rambut. Seng adalah mineral penting yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh kita, dan kita harus mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat melalui kebiasaan makan kita. Ketahui makanan kaya zinc untuk pertumbuhan rambut . Kekurangan zat besi dalam makanan dapat menyebabkan anemia, yang menghambat pasokan nutrisi ke folikel rambut dan mengganggu siklus pertumbuhan rambut.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar