Kebiasaan Buruk yang Sebabkan Kolesterol Naik

Kebiasaan buruk sebabkan kolestrol naik.(Foto: blackmores)

Sukoharjonews.com – Kolesterol tinggi tidak memberikan tanda dan gejala apapun. Biasanya kondisi seseorang terkena kolesterol tinggi diketahui dengan tes darah. Tanda dan gejala biasanya muncul ketika kolesterol tinggi sudah menyebabkan penyakit pada tubuh. Namun, kolesterol tinggi lebih dipengaruhi oleh faktor gaya hidup.

Dikutip dari Grid Health, pada Kamis (12/9/2024), berikut kebiasaan buruk yang dapat sebabkan kolesterol naik:

1. Pola makan yang tidak sehat
Mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh dan trans, seperti gorengan, makanan cepat saji, dan makanan olahan, dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Kurangnya asupan serat dari sayur-sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian juga berkontribusi terhadap naiknya kolesterol.

2. Berat badan berlebih
Obesitas atau kelebihan berat badan dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat. Lemak tubuh yang berlebihan, terutama di sekitar perut, juga mempengaruhi metabolisme kolesterol dalam tubuh.

3. Faktor genetik
Selain gaya hidup, faktor genetik juga memainkan peran penting dalam kadar kolesterol seseorang. Orang yang memiliki riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi lebih rentan mengalami masalah serupa.

4. Kurang aktivitas fisik
Gaya hidup yang kurang aktif, seperti duduk terlalu lama atau jarang berolahraga, dapat menyebabkan kolesterol jahat menumpuk di dalam tubuh.

Olahraga secara teratur membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL) yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Kebiasaan merokok
Merokok dapat menurunkan kolesterol baik (HDL) dan meningkatkan risiko penumpukan plak di pembuluh darah.

Plak ini dapat menyebabkan penyumbatan aliran darah dan memicu serangan jantung atau stroke.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar