Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Mata

Kebiasaan buruk yang merusak mata. (Foto: voi)

Sukoharjonews.com – Mata merupakan salah satu indra terpenting bagi tubuh. Maka dari itu, sudah sepatutnya kita menjaga mata agar tetap sehat. Banyak penyakit yang dapat ditimbulkan jika mata sudah terkena penyakit.

Membaca di tempat yang gelap merupakan salah satu penyebab mata kita terkena penyakit. Hal ini disebabkan karena pemcahayaan yang minim. Oleh karena itu, mari simak beberapa kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak mata yang dilansir dai Siloam Hospital, pada Jumat (34/2/2023) berikut:

1. Membaca dengan Penerangan Minim
Kebiasaan lain yang dapat merusak mata yaitu membaca di tempat gelap. Hal ini menyebabkan lensa mata bekerja lebih keras untuk menebal dan menipis. Murid mata juga dipaksa untuk berdilatasi sehingga mata akan cepat lelah. Tak hanya itu, kegiatan yang dapat merusak mata yaitu ketika membaca sambil tiduran. Posisi ini menyebabkan jarak baca mata ideal ke buku menjadi sulit diatur, akibatnya mata mudah lelah dan pegal.

2. Mengabaikan Gejala Iritasi
Sering mengabaikan gejala iritasi juga merupakan kebiasaan yang dapat merusak mata. Meski iritasi sering kali disebabkan oleh kondisi yang tidak serius, namun Anda perlu waspada apabila muncul gejala infeksi seperti nyeri mata, keluar cairan kental putih atau kehijauan dari mata, hingga adanya sensasi mengganjal di mata. Disarankan, segera konsultasikan hal tersebut kepada dokter agar gejala iritasi tidak berkelanjutan.

3. Memandang Gawai Terlalu Lama
Beberapa pekerjaan mengharuskan seseorang menatap layar komputer atau gadget dalam waktu lama. Sayangnya, kebiasaan ini dapat menyebabkan otot mata bekerja lebih keras sehingga memicu mata lelah, pusing, dan nyeri kepala. Di samping itu, sinar biru dari layar gawai juga berpotensi menyebabkan degenerasi makula di retina yang bila dibiarkan dapat mengakibatkan kebutaan. Untuk menghindari hal tersebut, usahakan untuk mengistirahatkan mata dengan mengalihkan pandangan beberapa saat dan menggunakan pelindung layar yang dapat menghalau sinar biru.

4. Tidak Melakukan Pemeriksaan Rutin
Pemeriksaan mata secara rutin penting dilakukan setiap tahun untuk mendeteksi gangguan mata sejak dini. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari penyakit mata, seperti glaukoma, degenerasi makula, atau retinopati diabetik. Pemeriksaan mata rutin disarankan untuk semua kalangan, terutama orang-orang yang berusia di atas 40 tahun.

5. Merokok
Kebiasaan yang dapat merusak mata selanjutnya adalah merokok. diadapat mengganggu peredaran darah yang mengandung nutrisi dan oksigen, sehingga perokok aktif lebih tinggi mengalami degenerasi makula dan katarak.

Perlu diingat, selain menerapkan kebiasaan-kebiasaan diatas, Anda juga harus sering cek ke dokter untuk memastikan bahwa mata Anda sehat. (cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar