Ragam  

Kasus Positif Baru Didominsasi Dari Kontak Erat, Jumlahnya Terus Bertambah

Waspada virus corona.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Jumlah kontak erat positif corona terus naik signifikan. Kenaikan kasus positif baru tersebut didominasi dari kontak erat kasus positif sebelumnya. Kondisi tersebut membuat Satgas Corona mewaspadai kontak erat yang ada karena berpotensi menjadi kasus positif baru. Dalam update per 17 Juli terdapat 173 kontak erat baru.




“Saat ini masih 2.029 kontak erat yang dipantau di 12 kecamatan. Secara akumulasi kontak erat mencapai sudah 17.825 orang dan 15.969 orang diantaranya sudah selesai masa pemantauannya,” terang Jubir Satgas Penanganan Corona Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, Minggu (18/7/2021).

Seorang kontak erat sendiri didefinisikan memiliki riwayat dengan kasus probable atau konfirmasi positif corona atau memberikan perawatan langsung terhadap kasus probable. Probable sendiri diartikan kasus suspek dengan Ispa berat atau meninggal dengan gejala corona dan belum ada hasil pemeriksaan swab PCR.

Sesuai update per 17 Juli, dalam sehari hari terjadi kenaikan 148 kasus positif corona baru. Disisi lain, kasus sembuh atau selesai isoman juga naik signifikan. Saat ini kasus positif corona aktif masih 716 kasus. Terdiri dari 595 orang isolasi mandiri, satu isolasi terpusat dan 120 orang menjalani rawat inap di rumah sakit.

Yunia mengimbau masyarakat tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam upata mencegah penularan virus. Prokes dengan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas menjadi cara efektif untuk mengantisipasi penyebaran virus. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *