Ragam  

Karena Gejalanya Mirip, Kenali Gejala Flu Dengan Gejala Corona Agar Tidak Terlambat

Waspada virus corona. (Ilustrasi)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Gejala virus corona dengan gejala penyakit flu sangat mirip. Untuk itu, kenali lebih awal mulai hari pertama masuknya virus ke dalam tubuh agar tidak semakin parah dan bisa dicegah. Untuk corona, gejala demam baru muncul di hari ke 5-6 dimana virus sudah berhasil berkembang, merusak dan menyebar di dalam tubuh.



Dikutip dari Instagram Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo, berikut perbedaan gejalanya:
– Batuk kering + bersin = POLUSI UDARA
– Batuk + lendir + bersin + pilek = PILEK BIASA
– Batuk + lendir + bersin + pilek + sakit tubuh + lemah + demam ringan = FLU
– Batuk kering + bersin + nyeri tubuh + lemah + demam tinggi + sesak nafas + hilangnya indra penciuman dan pengecap = CORONA VIRUS.

Nah, untuk mengetahui kemungkinan tubuh sudah terpapar virus corona, berikut tahapannya:
Hari 1-3 hanya seperti masuk angin ringan, makan minum masih normal dan tenggorokan hanya sedikit sakit. Hari ke 4, sakit kepala ringan, suhu tubuh sekitar 36,5 derajat, sakit tenggorokan ringan, suara mulai serak, selera makan mulai terganggu, indra perasa/pengecap “hilang”, indra penciuman juga “hilang”, serta mengalami diare ringan.

Hari ke 5, sakit tenggorokan, suara serak, badan mulai terasa meriang, suhu tubuh sekitar 36,5 – 36,7 derajat, badan terasa lelah, capek dan sakit, jari-jari dan persendian terasa sakit. Hari ke 6, mulai demam ringan sekitar 37 derajat, batuk kering atau sedikit berlendir, sesekali susah bernafas, sakit tenggorokan ketika bicara, sakit waktu makan dan menelan, mual dan mungkin muntah serta diare.

Hari ke 7, demam agak tinggi 37,4 – 37,8 derajat, batuk lebih banyak dan berdahak, nafas pendek-pendek dan tetap, kepala sakit dan terasa berat, nyeri di seluruh tubuh, diare bertambah. Hari ke 8, demam tinggi 38 derajat atau lebih, sulit bernafas dan dada terasa berat, sakit kepala, punggung dan sendi-sendi, batuk terus menerus, sulit berbicara seperti bisu.

Masuk hari ke 9, semua gejala tidak berubah, batuk bertambah parah, demam tak menentu dan tidak teratur, nafas bertambah sulit, pencegahan sudah tidak mungkin, harus segera ditolong secara intensif.

“Gejala tiap orang bisa berbeda-beda karena tergantung daya tahan tubuh. Penting untuk melaksanakan 3M dan tingkatkan daya tahan tubuh dengan makanan bergizi, istirahat cukup, kelola stres, olah raga dan minum vitamin,” ujar Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, Selasa (12/1/2021). (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *