Kapolres: Pengamanan Pemilu Dilakukan Hingga Semua Tahapan Selesai

Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi bersama Dandim Letkol Inf Chandra Ariyadi Prakosa.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Meski coblosan pemilu telah usai, bukan berarti aparat keamanan bisa santai. Pasalnya, proses pengamanan pemilu tidak berhenti hingga coblosan saja, melainkan hingga seluruh tahapan pemilu selesai. Termasuk saat ini dimana tahapan pemilu baru sampai pada pleno rekapitulasi di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Selama pleno PPK tersebut, aparat pun melakukan pengamanan.


“Jadi, pengamanan masih terus kami lakukan hingga semua tahapan pemilu selesai. Saat ini pengamanan di tingkat PPK yang tengah menggelar pleno rekapitulasi suara,” tegas Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi, Selasa (23/4).

Dikatakan Kapolres, pengamanan dilakukan bersama tim gabungan di seluruh PPK yang menggelar pleno. Selain itu patroli pengamanan juga dilakukan dengan menyisir beberapa titik wilayah rawan. Menurutnya, pengamanan dilakukan bersama TNI dalam hal ini Kodim 0726 dan petugas terkait lainnya seperti Linmas dan Satpol PP. Saat ini, konsentrasi pengamanan berada di PPK.

“Kami tidak akan membiarkan kerawanan sekecil apapun karena bisa menjadi potensi nyata. Pengamanan dilakukan aparat keamanan gabungan dengan penempatan petugas lengkap bersenjata. Harapannya sampai semua tahapan pemilu selesai Sukoharjo tetap kondusif,” paparnya.

Kapolres juga berpesan agar tidak ada intimidasi, gesekan atau hal hal yang bisa memicu timbulnya masalah dan perpecahan. Polres Sukoharjo dalam pengamanan Pemilu 2019 juga menyiapkan pasukan patroli keliling wilayah. Sasarannya tidak hanya di kantor kecamatan saja namun juga beberapa objek vital seperti kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan lainnya.

“Sampai sekarang kami belum menemukan masalah besar yang menghambat proses pasca pencoblosan Pemilu 2019. Semua tahapan dapat berjalan dengan lancar. Termasuk tahapan pleno di PPK,” tambahnya. (erlano putra)


Erlano Putra:
Tinggalkan Komentar