Kabupaten Sukoharjo Genap Berusia 78 Tahun, Angkat Tema “Sukoharjo Luar Biasa”

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani saat meraih penghargaan Indek Pembangunan Keluarga di acara Puncak Harganas 2024 di Simpang Lima Semarang, Sabtu (29/6/2024) lalu.

Sukoharjonews.com – Tanggal 15 Juli 2024 ini Kabupaten Sukoharjo genap berusia 78 tahun. Usia yang sudah tidak muda lagi, terlebih dalam hal pemerintahan. Dimomen Hari Lahir Kabupaten Sukoharjo Ke 78, Pemkab Sukoharjo mengambil tema “Sukoharjo Luar Biasa”. Sebuah tema yang sarat makna, harapan dan pencapaian.

Dari tema tersebut dibagi dalam beberapa sub tema, yakni “Sukoharjo Luar Biasa dalam pembangunan infrastruktur penunjang aktivitas kehidupan masyarakat, Sukoharjo Luar Biasa dalam akses pelayanan pemenuhan kebutuhan hajat hidup masyarakat, dan Sukoharjo Luar Biasa dalam pencapaian kinerja pemerintahan yang diraih dengan kerja bersama seluruh komponen masyarakat.

Di era kepemimpinan Bupati Sukoharjo Etik Suryani, sederet penghargaan baik tingkat regional hingga nasional telah diraih. Di antaranya Opini Wajar Tanpa Pengecualian atas Laporan Keuangan dari Badan Pemeriksa Keuangan selama 9 tahun berturut-turut dari Tahun 2015 sampai dengan Tahun 2023.

Juga, Kabupaten meraih Nirwasita Tantra untuk Kategori Kabupaten Sedang Tahun 2021, Kabupaten Layak Anak Tahun 2022, Anugerah Perkebunan Indonesia Kategori Pengawalan dan Pendampingan Kebijakan Pembangunan Perkebunan Tahun 2022.

Selain itu, juga Golden Certificate Award Tahun 2022, diberikan Kementerian Pertanian RI Bupati Sukoharjo Etik Suryani atas keberhasilan Pemerintah Kabupaten Sukoharjo dalam mengembangkan kelapa genjah.

Bupati menerima Satyalancana Wira Karya Bidang Pertanian Tahun 2023 dari Presiden Republik Indonesia. Terbaru, Bupati juga meraih penghargaan Harganas 2024. Prestasi-prestasi itu tentu tidak bisa dinafikkan begitu saja, sebab tanpa komitmen dan kerja keras, niscaya semua itu dapat diraih.

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani bersama Forkopimda melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) memperigati Harlah Sukoharjo Ke-78, Minggu (14/7/2024).

Pemkab Sukoharjo hingga saat ini juga terus berupaya untuk terus berbenah dalam berbagai bidang dan sektor. Utamanya perbaikan infrastruktur yang menjadi kebutuhan dasar warga. Perbaikan jalan rusak terus menjadi fokus utama. Sebab dengan infrastruktur yang baik, maka roda perekonomian masyarakat akan berjalan dengan baik. Anak-anak sebagai generasi penerus bangsa juga semakin mudah untuk mendapatkan pendidikan.

Upaya Pemkab Sukoharjo dalam rangka menanamkan kebanggaan terhadap tanah kelahiran sekaligus mengangkat berbagai potensi yang ada, terus dilakukan. Momentum Hari Lahir Sukoharjo Ke 78 tahun ini dibuat berbeda dengan peringatan-peringatan sebelumnya. Dimana panitia Hari Lahir Sukoharjo mengemas berbagai acara dan kreasi yang menonjolkan potensi lokal.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Sukoharjo mempersembahkan lima panggung hiburan rakyat. Panggung hiburan rakyat menampilkan berbagai jenis musik mulai campursari, tembang kenangan, dangdut, band pelajar, musik tradisonal dan keroncong.

Kehadiran panggung hiburan tersebut bukan tanpa alasan. Hal itu merupakan bentuk apresiasi kepada para pekerja seni di Kabupaten Sukoharjo untuk menampilkan potensi dan karyanya. Tujuan utamanya adalah mengangkat potensi tersebut agar lebih dikenal oleh masyarakat luas. Sehingga, warga Sukoharjo bangga dengan kekayaan dan berbagai potensi yang dimiliki.

Tak hanya hiburan, berbagai acara juga digelar untuk memperingati Hari Lahir ini. Ada expo produk UMKM, ziarah Taman Makam Pahlawan (TMP) tempat disemayamkannya Bupati Pertama, tirakatan, kirab, dan berbagai kegiatan lain.

Tahun ini ada yang berbeda dibandingkan peringatan Harlah tahun lalu. Pasalnya, tahun ini Pemkab menghadirkan enam gunungan yang bisa diperebutkan oleh masyarakat. Enam gunungan ini berisi produk khas dari enam kecamatan. Bisa produk kuliner, UMKM, dan produk lainnya.

Pada akhirnya, momentum Hari Lahir Sukoharjo Ke 78 Bupati Sukoharjo Etik Suryani mengajak semua pihak untuk bahu membahu membangun Sukoharjo agar lebih baik di masa masa mendatang.

“Mari kita bekerja lebih keras, lebih sehat, lebih produktif, lebih ikhlas dan lebih inovatif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Jaga semangat dalam membangun Sukoharjo tercinta menuju Sukoharjo yang lebih Makmur,” ujar Bupati Etik Suryani.

Bupati menambahkan, dengan momentum Harlah Sukoharjo Ke-78 Tahun 2024 ini diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan aktivitas segenap lapisan masyarakat dalam berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Hal itu sebagai wujud implementasi Visi dan Misi Kabupaten Sukoharjo menuju Sukoharjo yang Lebih Makmur. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar