Kabar Gembira, Dukung Wisata di Klaten, Bus Wisata Segera Dioperasikan

Destinasi wisata Rowo Jombor, Klaten. (Foto: Humas Pemkab Klaten)

Sukoharjonews.com (Klaten) – Dalam upaya untuk mendukung wisata di Kabupaten Klaten, dalam waktu dekat akan dioperasikan bus wisata. Rencananya, armada khusus wisata yang dinisiasi oleh DAMRI tersebut akan melayani rute wisata Rowo Jombor dan Girpasang. Pengoperasian bus wisata tersebut diharapkan memudahkan masyarakat untuk menuju destinasi wisata tersebut.

Dilansir dari laman Pemkab Klaten, Kamis (24/3/2022), rencana tersebut diungkapkan General Manager DAMRI Cabang Yogyakarta, Boy Aryadi saat rapat lintas sektoral di Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten beberapa hari lalu. Armada bus wisata tersebut akan beroperasi dari Terminal Ir Soerkarno, Klaten menuju Rowo Jombor dan Girpasang.

“Sementara ini disediakan dua armada untuk masing-masing destinasi. Namun, tidak menutup kemungkinan akan ditambah jika permintaan meningkat,” jelasnya.

Boy melanjutkan, terlibatnya DAMRI sebagai penyedia jasa transportasi wisata ini tidak terlepas dari peningkatan pariwisata di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur. Menurutnya, Klaten memiliki potensi wisata yang bisa lebih dikembangkan.

“Karena kaitannya peningkatan pariwisata sebagai penggerak ekonomi, kami ingin masuk disana, menstimulasi di sana, baik Rowo Jombor maupun Girpasang. Roda ekonomi masyarakat ikut tergerak. Salah satu penggerak yang harus ada adalah transportasi, kami menyediakan itu,” ungkapnya.

Rencananya, armada ini akan aktif mulai tanggal 29 Maret mendatang. Terkait tiket, Boy mengatakan pihaknya masih akan menghitung kebutuhan dan mempertimbangkan pasar.

“Untuk tiket, saat ini masih dikaji kemampuan pasar seberapa dan kebutuhan kami seberapa. Sehingga masih dipelajari dalam beberapa hari ini. Harapannya nanti pada saat launching 29 Maret kami sudah punya gambaran,” kata Boy.

Sedangkan Kepala Dishub Klaten, Supriyono, mengatakan hadirnya bus wisata tersebut merupakan kerja sama DAMRI dan Pemkab Klaten dalam rangka meningkatkan kunjungan ke destinasi wisata unggulan di Klaten. Dengan beroperasinya moda transportasi khusus itu, diharapkan akses wisatawan ke Klaten semakin mudah dan semakin banyak yang berwisata ke Klaten.

“Uji coba dilakukan di dua destinasi unggulan, Rowo Jombor dan Girpasang. Ke depan, jumlah destinasi wisata yang dijangkau bus wisata akan ditambah secara bertahap,” paparnya. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar