Jenis Makanan yang Anda Kira Sehat, Namun Ternyata Tidak. Apa Saja? Simak Berikut

Makanan yang ternyata tidak sehat. (Foto: istock)

Sukoharjonews.com – Makanan sehat adalah makanan bernutrisi yang memiliki unsur 4 sehat 5 sempurna. Beberapa makanan dianggap cukup sehat termasuk camilan. Ternyata ada daftar makanan sehat yang kenyataannya tidak sesehat yang dikira.

Ternyata ada beberapa makanan yang dikemas dan tampak begitu sehat tetapi tidak seperti arti sehat yang dibayangkan. Sebagian orang tidak membaca label nutrisi dan komposisi saat membeli atau memilih makanan yang mereka yakini paling sehat. Lalu apa saja deretan makanan yang perlu kamu waspadai? Dikutip dari NDTV Food, pada Minggu (9/5/2023), berikut jenis makanan yang sering dikira menyehtkan, padahal tidak berikut:

1. Produk Rendah Lemak
Mereka yang ingin mengurangi berat badan langsung menarik produk dari rak jika memiliki label “rendah lemak”. Tetapi dengan melakukan ini, Anda tidak selalu membuat pilihan yang lebih sehat. Menurut ahli gizi, produsen makanan cenderung mengganti lemak dengan gula pada produk rendah lemak tersebut agar rasanya enak.

2. Minuman Berprotein
Minuman berprotein dan batangan itu memang terasa enak dan dianggap sebagai pilihan yang bagus untuk memberi energi pada tubuh Anda setelah latihan yang melelahkan. Namun, menurut ahli gizi, kandungan protein yang tinggi tidak serta merta berarti produk tersebut akan membuat Anda tetap bugar. Sebaliknya, dia menambahkan, banyak protein batangan dan shakes cenderung hanya “batu bata dari bahan dan pengisi buatan” yang tidak menguntungkan Anda.

3. Minyak Nabati
Kemungkinan Anda telah diberitahu untuk menggoreng puri yang lembut itu dengan minyak bunga matahari dan menyiapkan hidangan dengan minyak kedelai karena ini lebih sehat daripada minyak lainnya. Tapi, menurut ahli gizi, ini adalah “penyebab no.1 masalah kesehatan”. Ini karena minyak nabati sangat halus dan kaya akan omega 6, yang dapat mempercepat pertumbuhan sel kanker dan pembekuan darah serta meningkatkan peradangan pada tubuh.

4. Yogurt Beraroma
Makanan lain yang mungkin sudah lama Anda nikmati dengan anggapan tidak hanya enak tapi juga sehat. Tetapi sebenarnya yogurt rasa stroberi dan buah yang tajam ini mengandung lebih banyak gula daripada sepotong kue. ya, Anda tidak salah dengar. Itu sebabnya, ahli gizi menyarankan, lebih baik memilih yang tanpa rasa atau tanpa pemanis.

5. Salad Kemasan
Salad kemasan renyah, terlihat segar, dan wangi juga. Tapi ini bukan karena dikemas segar tapi karena ada berbagai bahan pengawet yang digunakan di dalamnya. Ahli gizi mengatakan bahwa kebanyakan salad kemasan siap saji mengandung natrium dan lemak tingkat tinggi yang bisa lebih berbahaya daripada baik untuk tubuh Anda. (cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar