Jenis-jenis Vitamin Untuk Membuat Rambut Tetap Sehat

Vitamin yang baik untuk rambut. (Foto: onmyhealth)

Sukoharjonews.com – Hari-hari rambut buruk bukanlah favorit siapa pun, dan orang-orang selalu memimpikan rambut yang indah dan tergerai. Meskipun beberapa produk rambut mungkin bisa memberikan solusi sementara, yang sebenarnya Anda butuhkan adalah fokus pada pola makan yang sehat. Mungkin ini saatnya untuk mempertimbangkan bahwa rahasia mencapai tujuan rambut Anda juga terletak pada asupan vitamin harian Anda. Vitamin memainkan peran penting, bertindak sebagai bahan penyusun penting yang dapat membantu mengubah rambut kusam menjadi rambut indah dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Jika makanan sehari-hari Anda tidak cukup, ada banyak suplemen vitamin pertumbuhan rambut yang bisa Anda coba.

Dikutip dari Dove, pada Sabtu (28/10/2023), berikut jenis-jenis vitamin yang membuat rambut Anda tetap sehat:

1. Vitamin A
Kebanyakan orang sudah memahami pentingnya vitamin A untuk mata, tetapi jarang yang memperhitungkan vitamin ini untuk kesehatan rambut. Padahal, semua sel tubuh manusia memerlukan vitamin A untuk tumbuh dengan baik. Ini termasuk sel rambut yang merupakan salah satu jaringan yang tercepat tumbuhnya. Jadi, pertumbuhan rambut yang baik bisa dicapai dengan adanya vitamin A yang cukup.

Selain itu, vitamin A mampu membantu kelenjar kulit untuk memproduksi sebum yang bermanfaat untuk melembapkan kulit kepala dan membuat rambut tetap sehat. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Sayangnya, vitamin A yang terlalu berlebih juga membuat rambut rontok. Karena itu, sangat penting untuk mendapatkan jumlah asupan vitamin A yang cukup, tidak kurang dan tidak lebih.

2. Vitamin B
Vitamin B terdiri atas berbagai jenis, yang salah satunya adalah biotin, yang dikenal penting untuk mencegah kerontokan rambut. Dari penelitian yang dilakukan selama ini, kekurangan biotin dalam tubuh bisa menyebabkan kerontokan rambut.

Pada pasien yang mengalami kerontokan rambut karena kekurangan biotin, suplemen biotin terbukti bisa memperbaiki kondisi. Selain itu, vitamin B jenis lain memiliki manfaat yang signifikan untuk membantu pembentukan sel darah merah. Darah dapat membawa oksigen dengan baik ke kulit kepala. Tentunya, proses ini sangat penting bagi pertumbuhan rambut yang sempurna.

3. Vitamin C
Vitamin C untuk rambut berperan sebagai antioksidan terhadap radikal bebas yang menyebabkan rambut menua dan kusam. Tak hanya melindungi rambut dari radikal bebas yang berasal dari luar tubuh, vitamin C juga sangat diperlukan tubuh untuk memproduksi kolagen yang penting bagi penguatan struktur rambut.

Keberadaan vitamin C dalam tubuh juga mempermudah tubuh menyerap zat besi yang esensial untuk pertumbuhan rambut. Kamu bisa mendapatkan vitamin C tidak hanya dari buah jeruk saja, tetapi juga dari strawberry, jambu, bahkan lada.

4. Vitamin D
Kekurangan vitamin D menyebabkan kebotakan atau kerontokan rambut yang disebut alopecia. Kondisi ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut sehingga rambut menjadi rontok. Meski peran vitamin D untuk pertumbuhan rambut belum diketahui, tak ada salahnya kamu tetap mengusahakan asupan cukup untuk menghindari kerontokan rambut.

Vitamin D bisa diproduksi tubuh dengan cara berjemur di bawah sinar matahari. Selain itu, vitamin D terdapat pada bahan makanan seperti minyak ikan, beberapa jenis jamur.

5. Vitamin E
Satu lagi vitamin yang tak kalah penting untuk kesehatan rambut adalah vitamin E. Tak jauh berbeda dengan vitamin C, Vitamin E juga berperan sebagai antioksidan. Fungsinya mencegah stres oksidatif, yaitu kondisi dimana tubuh terlalu banyak menerima radikal bebas dan tak mampu lagi menetralkannya. Stres oksidatif ini menyebabkan kerontokan rambut dan menghambat pertumbuhan rambut.

Suplemen vitamin E secara rutin mampu mengembalikan pertumbuhan rambut kembali normal. Untuk itu, sangat penting mendapatkan asupan vitamin E yang cukup untuk mencegah timbulnya masalah rambut karena stres oksidatif. Sumber vitamin E yang mudah didapat antara lain lewat biji bunga matahari, kacang almond, bayam, hingga buah alpukat.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar