Jengkol Membuat Bau Mulut? Simak Cara Mengatasinya Disini!

Mengatasi jengkol agar tidak bau mulut. (Foto:Alodokter)

Sukoharjonews.com – Jengkol merupakan dua bahan makanan yang banyak diolah menjadi berbagai hidangan lezat maupun sekadar dijadikan sebagai lalapan. Meski memiliki banyak penggemar, tak semua orang menyukai pete dan jengkol lantaran aromanya yang dinilai mengganggu.


Bau mulut setelah makan pete dan jengkol disebabkan oleh senyawa belerang (sulfur) yang terkandung di dalamnya. Dalam jengkol, terdapat senyawa belerang yang bernama asam jengkolat (djengkolic acid). Senyawa ini yang membuat aroma tidak sedap muncul baik dari mulut maupun pada urine pengonsumsinya.

Dikutip dari Natural Farm, pada Minggu (2/2/2024), inilah cara menghilangkan bau jengkol di mulut:

1. Mengonsumsi Makanan Penetralisir
Menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol, yaitu dengan mengonsumsi makanan penetralisir. Beberapa tanaman yang dapat menetralisir bau setelah makan jengkol menurut Gerald P. Curatola, seorang Profesor dari New York University College of Dentistry adalah apel, mentimun, pir, yogurt, seledri, dan wortel.


2. Menggunakan Obat Kumur
Setelah mengonsumsi jengkol, anda sebaiknya berkumur menggunakan obat kumur khusus. Obat kumur dapat membantu melepaskan sisa-sisa jengkol pada sela-sela gigi. Untuk hasil yang baik, pilihlah obat kumur dengan bahan lemon, mint, atau citrus. Satu hal penting lagi sebaiknya pilih obat kumur non alkohol agar mulut tidak kering.

3. Kunyah Permen Karet Bebas Gula
Mengunyah permen karet bebas gula bisa menghilangkan bau mulut akibat mengonsumsi jengkol. Mengunyah permen membantu merangsang produksi air liur, yang mana air liur dapat membersihkan partikel jengkol yang tertinggal di mulut.

4. Menggunakan Pasta Gigi Menyegarkan
Bau jengkol yang masih tertinggal di mulut dapat dihilangkan dengan melakukan sikat gigi memakai pasta gigi yang menyegarkan. Pilihlah pasta gigi dengan kandungan sereh atau mint. Dengan menyikat gigi dapat mengangkat sisa-sisa jengkol yang tertinggal dalam mulut.


5. Konsumsi Sayuran dan Buah
Menghilangkan bau jengkol dalam mulut dapat menggunakan sayuran dan buah. Pilih buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi untuk menghilangkan bau serta membunuh bakteri dalam mulut.

6. Minum Air Putih Secukupnya
Setelah makan jengkol segeralah minum air putih secukupnya. Air putih sebagai cara membersihkan sisa jengkol dan bau dalam mulut serta dapat membantu proses pencernaan makanan semakin lancar.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *