Ragam  

Jemaah Haji Kembali, Puskesmas Sukoharjo Lakukan Pengecekan Kesehatan

Tim medis Puskesmas Kecamatan Sukoharjo melakukan pemeriksaan kesehatan jemaah haji yang telah kembali dari Tanah Suci, Rabu (26/7/2023).

Sukoharjonews.com – Jemaah haji asal Kabupaten Sukoharjo telah kembali. Menyikapi hal itu, Puskesmas Kecamatan Sukoharjo langsung menerjunkan tim medis untuk melakukan pengecekan kesehatan jemaah haji yang telah tiba.


Kepala Puskesmas Sukoharjo, Kunari Mahanani, menyampaikan langkah tersebut untuk memastikan kesehatan para jemaah haji yang telah tiba. Jemaah haji yang telah tiba tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 66 Sukoharjo yang mendarat di Bandara Adi Soemarmo, Selasa (25/7/2023) malam.

“Begitu tiba di Asrama Hajo Domohudan, tim medis Puskesmas Sukoharjo langsung melakukan pengecekan kesehatan,” ujar Kunari.

Tidak hanya sampai disitu, pengecekan kesehatan juga dilakukan dengan kunjungan ke kediaman jemaah haji. Pengecekan kesehatan mengacu pada Kartu Kewaspadaan Kesehatan Jemaah haji (K3JH).


Kunari melanjutkan, pemeriksaan kesehatan diprioritaskan untuk jemaah haji lansia yang mempunyai riwayat penyakit. Proses pengecekan kesehatan meliputi beberapa tahap. Mulai dari pemeriksaan suhu tubuh, tekanan darah, detak jantung, hingga pemeriksaan umum lainnya.

“Tim medis juga melakukan wawancara singkat dengan setiap jemaah haji. Hal tersebut untuk memastikan tidak ada keluhan kesehatan yang serius atau gejala-gejala penyakit menular,” ujarnya.

Kunari menambahkan, untuk Kecamatan Sukoharjo total jemaah haji sebanyak 158 orang. Namun, belum semua jemaah tiba di Tanah Air karena ada yang tiba pada 1 Agustus nanti. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *