Jelang Perayaan Natal, Polisi Sterilisasi Sejumlah Gereja

Aparat Polres Sukoharjo melakukan sterilisasi sejumlah gereja yang menggelar acara perayaan Natal, Kamis (24/12/2020).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Menjelang perayaan Natal, aparat Polres Sukoharjo melakukan sterilisasi gereja-gereja yang akan menggelar kegiatan. Sterilisasi dilakukan oleh Satuan Tugas (Satgas) preventif yang memiliki kualifikasi jihandak. Dalam sterilisasi tersebut, petugas juga menerjunkan anjing pelacak dalam sterilisasi tersebut.



“Ada beberapa gereja yang kami sisir sebagai bentuk antisipasi menjelang perayaan Natal,” jelas Kasat Sabhara Polres Sukoharjo, AKP Thourakhman, Kamis (24/12/2020).

Dikatakan Thourkhman, kegiatan sterilisasi dan penyisiran ke gereja-gereja dalam rangka antisipasi adanya barang berbahaya yang dapat mengganggu jalanya perayaan Natal. Kegiatan sterilisasi dilakukan sebelum pelaksanaan Misa, menjelang Misa yang akan dilaksanakan malam nanti dan Jumat besok.

Gereja yang disterilisasi oleh petugas masing-masing Gereja Hati Kudus, Gereja Kristen Jawa, serta Gereja Kristen Jawa Nguter. Menurut Thourakhman, objek pengecekan antara lain halaman gereja, taman- taman, sudut-sudut ruangan, kursi, mimbar, dan lainnya.

“Hasil sterilisasi di gereja tersebut tidak ditemukan barang berbahaya. Tak lupa kami juga mengimbau pada panitia agar dalam penyelenggaraan perayaan Natal mematuhi protokol kesehatan,” kata AKP Thourakhman.

Sebelumnya, Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas mengatakan, gereja yang menggelar Misa untuk membatasi peserta/jamaah. Selain itu, Misa juga bisa dilaksanakan secara online sehingga menghindari kerumunan untuk pencegahan penyebaran virus Corona.

Untuk pengamanan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Kapolres juga mengimbau masyarakat tidak menggelar keramaian. Jika masih ada yang nekat, Polres akan membubarkannya. Hal itu dilakukan semata-mata semata-mata dalam upaya mencegah penyebaran virus corona di Sukoharjo. Terlebih lagi, sudah ada Maklumat Kapolri tentang kepatuhan prokes selama libur Nataru. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 3 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed