Jelang Arus Mudik Lebaran, DPUPR Klaim 87% Infrastruktur Jalan Kondisi Baik

Jalan Jenderal Sudirman (Jensud) saat ini sudah menjadi jalan kabupaten sehingga kerusakan yang terjadi menjadi tanggung jawab Pemkab dalam hal ini DPUPR.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Musim mudik lebaran tinggal sebentar lagi. Terkait hal itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) melakukan pemetaan kodisi jalan yang ada di Sukoharjo. Dari hasil pemetaan tersebut, 87% atau 605 kilometer jalan yang ada diklaim dalam kondisi baik. Untuk itu, DPUPR tinggal melakukan perawatan dan pemeliharaan. Selain itu, 13% atau 20 kilometer lainnya mengalami kerusakan, baik ringan maupun berat.



“Data itu khusus jalan yang statusnya milik kabupaten. Untuk jalan yang rusak segera kami tuntaskan dalam pemeliharaan dan rehab secepatnya,” ujar Kabid Bina Marga DPUPR Sukoharjo Sardjito, Minggu (14/4).

Dikatakan Sarsito, terkait kondisi jalan kabupaten tersebut mendapat apresiasi dari Pemprov Jateng dan juga pemerintah pusat. Pasalnya, kondisi jalan yang berstatus pengelolaan Pemkab Sukoharjo mayoritas dalam kondisi baik dan sedang. Kondisi tersebut sempat membuat kaget pemerintah provinsi dan pusat karena mampu melebihi target. Data dari DPUPR Sukoharjo, kondisi jalan dalam keadaan baik sebesar 20%, sedang 67%, rusak ringan 10% dan rusak berat 3%.

Mengacu data tersebut, lanjut Sarsito, DPUPR akan memprioritaskan penanganan perbaikan terhadap kondisi jalan dalam keadaan rusak berat. Jalan yang rusak berat hanya sekitar 20 kilometer saja dan segera diperbaiki. Disinggung untuk jalan yang statusnya milik provinsi maupun pusat, Sarsito mengaku sudah dikoordinasikan dengan pihak terkait soal kondisi jalan yang ada.

“Saat ini sudah persiapan untuk pelaksanaan lelang sejumlah proyek perbaikan jalan. Begitu lelang selesai, pengerjaan langsung dilakukan,” tambahnya. (erlano putra)



Jelang Arus Mudik Lebaran, DPUPR Klaim 87% Infrastruktur Jalan Kondisi Baik
5 (100%) 1 vote[s]

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed