Jarang Diketahui, Ternyata Ini Fakta Gizi Saus Tiram!

Fakta gizi saus tiram. (Foto: halodoc)

Sukoharjonews.com – Saus asin yang terbuat dari tiram dan sering digunakan dalam masakan Asia, saus tiram mengandung sedikit kalori, tanpa lemak, dan dosis kalsium yang sehat untuk kekuatan tulang. Kandungan natrium berasal dari komponen kecapnya, hal ini harus diperhatikan oleh orang yang menjalani diet rendah natrium.

Dilansir dari Verywell Fit, Kamis (25/1/2024) untuk membuat saus tiram, Anda mulai dengan merebus tiram dalam air dan menambahkan karamel untuk pewarna dan penyedap rasa, serta tepung maizena sebagai bahan pengental. Tiram matang saat cangkangnya terbuka; Anda harus membuang tiram yang tidak terbuka.

Untuk yang tidak memasak, Anda dapat membeli saus tiram dalam botol di toko grosir di seluruh dunia. Saus tiram digunakan dalam masakan daging dan sayuran, yang paling populer adalah tumisan, serta Ayam Kung Pao, Mie Sichuan, dan lo mein.

Fakta Gizi Saus Tiram
Informasi nutrisi untuk satu porsi saus tiram (15 gram), tersedia dari FoodData Central Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA).

Karbohidrat
Karbohidrat dalam saus tiram berasal dari bahan pengental, kecap , dan penambah rasa. Satu porsi mengandung satu persen dari nilai karbohidrat harian yang direkomendasikan.

Lemak
Saus tiram tidak mengandung lemak lipid dan tidak mengandung lemak trans dan lemak jenuh.

Protein
Saus tiram mengandung satu gram protein yang berasal dari tiram. Merek tertentu menggunakan lebih banyak kerang dan ini akan meningkatkan jumlah protein. Jika Anda lebih menyukai rasa tiram yang kental, pastikan untuk membaca label bahan untuk melihat di mana tiram berada dalam daftar bahan—jika tiram dicantumkan di dekat bagian atas, rasa makanan laut akan lebih kuat.

Vitamin dan mineral
Mineral utama yang ditemukan dalam saus tiram adalah zat besi—0,36 miligram per porsi, setara dengan dua persen dari RDA Anda. Vitamin dan mineral lainnya termasuk kalsium, seng, magnesium, dan vitamin B12.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar