Jarang Diketahui, Inilah Manfaat Kulit Semangka yang Perlu Diketahui!

Manfaat kulit semangka untuk wajah. (Foto: lemonilo)

Sukoharjonews.com – Kulit semangka adalah lapisan transparan yang padat di antara daging dan kulit luarnya yang keras berwarna kehijauan. Kulit buah semangka membentuk sekitar 30% dari keseluruhan buah semangka dan hal ini mungkin terasa mubazir bagi sebagian orang.


Ternyata, kulit semangka memberikan manfaat kesehatan saat dikonsumsi. Sebagian orang memanfaatkannya sebagai acar dan jus. Tetapi tak sampai hanya di situ saja. Faktanya semangka untuk kulit wajah, beserta dengan kulitnya, juga tak kalah hebatnya lho. Dikutip dari Jovee, pada Kamis (30/11/2023), berikut manfaat kukit semangka untuk kesehatan wajah:

1. Membantu memerangi kerusakan akibat radikal bebas
Kulit semangka kaya akan likopen, yang dapat membantu meningkatkan penampilan kulit dengan melawan radikal bebas dan menangkal stres oksidatif.

Selain itu, sebagai antioksidan, likopen dapat membantu memperkuat kulit untuk mengatasi unsur-unsur tersebut. Terutama kondisi yang lebih ekstrim selama cuaca musim panas yang keras.


2. Melawan tanda-tanda penuaan kulit
Kulit semangka mengandung flavonoid yang bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas kulit dan membantu memudarkan garis-garis halus.

Pektin, yaitu polisakarida yang membentuk 13% kulit semangka, berperan penting dalam mencegah tanda-tanda penuaan dini.

3. Melindungi kulit dari kondisi cuaca ekstrim
Citrulline, yaitu asam amino penting yang terkandung di dalam dalam kulit semangka, juga bermanfaat. Senyawa tersebut merupakan bahan pengkondisi kulit alami karena dapat mengikat air secara alami. Senyawa ini juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari perubahan suhu dan paparan polusi yang intens.

Selain itu, Citrulline merupakan sumber nitrogen alami yang berperan penting dalam pembentukan kolagen dan protein pada kulit.


4. Melawan peradangan dan menenangkan kulit yang teriritasi
Kulit semangka mengandung komponen anti inflamasi yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Quercetin, yaitu flavonoid dalam kulit semangka, dapat membantu meredakan kulit yang teriritasi. Senyawa ini membantu memperbaiki kulit yang rusak akibat sinar matahari dengan mengembalikan fungsi pelindung kulit dan mencegah kulit kehilangan air transepidermal.

Selain itu, vitamin B6 mencegah kulit kemerahan dan peradangan saat cuaca panas.

Klorofil yang ditemukan di kulitnya dikaitkan dengan sifat antibakteri yang mencegah pori-pori tersumbat dan berjerawat.

Ternyata menarik juga ya, manfaat kulit semangka untuk wajah. Apakah kamu tertarik untuk menggunakan skincare yang mengandung ekstrak kulit semangka ke dalam rutinitas perawatan kulit harianmu? Semoga informasi ini bermanfaat ya.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *