Jarang Diketahui, Begini Manfaat Minyak Biji Labu Untuk Rambut

Manfaat minyak biji labu. (Foto: Cantika)

Sukoharjonews.com – Minyak biji labu merupakan minyak alami yang terbuat dari biji labu sangrai. Minyak ini mengandung asam lemak esensial dan mengandung kandungan vitamin dan mineral yang tinggi sehingga baik untuk banyak kegunaan, paling umum sebagai minyak goreng atau suplemen makanan.

Dilansir dari Wimpole Clinic, Kamis (28/12/2023), minyak ini tidak terlalu sulit ditemukan di toko makanan kesehatan, atau Anda bisa menemukannya dalam bentuk kapsul jika Anda ingin menggunakannya sebagai suplemen.

Orang-orang kini juga mulai menggunakan minyak biji labu sebagai bagian dari rutinitas perawatan rambut mereka untuk menjaga kesehatan rambut. Tapi, apa saja manfaat yang bisa Anda rasakan dari penggunaan minyak alami ini pada rambut Anda?.

1. Memperkuat rambut Anda
Banyak orang menghabiskan ratusan dolar untuk membeli sampo, kondisioner, dan perawatan mewah lainnya untuk membuat rambut mereka sesehat mungkin, namun melupakan satu hal termudah yang dapat mereka lakukan – memperbaiki pola makan.

Rambut kita membutuhkan nutrisi yang tepat untuk tumbuh , itulah sebabnya bahan-bahan seperti minyak biji labu bekerja sangat baik pada rambut – mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan penting yang disukai folikel rambut kita. Inilah sebabnya beberapa orang memperhatikan bahwa ketika mereka mengonsumsi minyak biji labu, rambut mereka mulai tumbuh lebih kuat dan tebal.

2. Membuat rambut Anda bersinar
Minyak biji labu mengandung sesuatu yang disebut asam linoleat. Ini adalah asam lemak omega-6 yang seharusnya berkontribusi pada kesehatan rambut sekaligus meningkatkan kilau dan kilau.

Asam linoleat umumnya ditemukan di banyak minyak alami, seperti minyak zaitun dan minyak bunga matahari, namun Anda dapat menemukan kandungan asam linoleat yang jauh lebih tinggi pada minyak biji labu.

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa asam linoleat dapat memberikan dampak positif dalam mengaktifkan faktor pertumbuhan sel rambut.

3. Menjaga kelembapan rambut lebih lama
Minyak rambut digunakan oleh sebagian besar orang, salah satu alasan utama mengapa minyak ini begitu populer adalah karena minyak ini dapat menjaga rambut Anda terasa lembut dan lembap.

Minyak biji labu merupakan minyak dengan berat sedang yang sangat cocok digunakan pada rambut jika digunakan secara topikal. Ini memberikan kelembapan yang cukup untuk menjaga rambut Anda terlihat berkilau, tanpa terlalu berat untuk membebani rambut Anda atau membuatnya terlihat berminyak.

4. Dapat mewarnai rambut Anda
Berkat kandungan vitamin dan mineral dalam minyak biji labu, minyak ini dapat mencegah kerusakan oksidatif, yang sering kali menyebabkan rambut Anda berubah warna.

Ini menciptakan warna kuning alami saat digunakan secara topikal, warna tonal unik yang tidak bisa Anda dapatkan dari pewarna kotak mana pun yang Anda temukan di toko.

5. Mengobati kerusakan rambut
Minyak biji labu memiliki asam lemak anti inflamasi yang dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan dan faktor eksternal lainnya yang dapat menyebabkannya terlihat kering dan tidak sehat.

6. Dapat menutupi warna rambut yang ada
Minyak biji labu tidak hanya dapat mewarnai rambut Anda menjadi warna kuning yang baru, tetapi juga dapat menutupi warna rambut yang sudah ada.

Minyak biji labu dapat meningkatkan warna rambut Anda, baik untuk menonjolkan atau menghaluskan warna rambut. Artinya, pewarna apa pun yang Anda gunakan pada rambut akan mampu meresap lebih dalam dan lebih terlihat setelah Anda mencucinya.

7. Minyak biji labu dapat membantu mengatasi rambut rontok
Yang terpenting, ada beberapa penelitian pendahuluan yang menunjukkan bahwa penggunaan minyak biji labu dapat memberikan dampak positif pada orang yang mengalami kerontokan rambut.

Meskipun tidak banyak bukti yang mendukung klaim bahwa minyak biji labu dapat mencegah rambut rontok dan mendorong pertumbuhan rambut, hasil awalnya tampak menjanjikan.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar