Jangan Tidur Saat Rambut Masih Basah, Simak ini Penjelasannya

Dampak negatif tidur dengan rambut basah.(Foto:Parapuan)

Sukoharjonews.com -Tidur dengan rambut basah mungkin tampak tidak berbahaya, tetapi dapat menyebabkan berbagai masalah. Rambut lebih rapuh saat basah, rentan patah dan kusut, terutama jika dirawat secara kimia. Rambut basah dapat menumbuhkan bakteri dan jamur, yang berpotensi menyebabkan infeksi kulit kepala, bau, dan bahkan jerawat.

Dilansir dari Mayapada Hospital, Sabtu (20/7/2024), menggunakan sarung bantal sutra dan mengeringkan rambut secara kasar dapat mengurangi kerusakan jika Anda harus tidur dengan rambut lembap.

Perlu Anda ketahui, tidur dengan kondisi rambut yang masih basah bukanlah ide yang bagus. Rambut pada dasarnya mirip karet, yang mana memiliki elastisitas yang dapat ditarik hingga 1,2inci saat kering menjadi 1,5inci saat basah. Membawanya tidur saat basah justru memicu banyak kerusakan pada rambut. Dan bukan hanya kerusakan pada rambut tetapi ada beberapa hal yang akan terjadi jika Anda tidur dengan rambut basah, sebagai berikut :

1. Menyebabkan Sakit Kepala
Jika kalian tidur dalam keadaan rambut masih basah, suhu kepala kalian tidak dapat menyesuaikan dengan suhu tubuh kalian, hal ini yang menyebabkan sakit kepala parah atau saat kalian bangun tidur kalian akan merasakan pusing atau kepala menjadi berat.

2. Menyebabkan Infeksi dan tumbuhnya Jamur
Bantal yang kalian gunakan adalah tempat yang ideal untuk berkumpulnya bakteri karena menyerap keringat, sel-sel kulit mati, debu, dan minyak alami yang keluar dari tubuh kalian. Nah jika kalian tidur dalam keadaan rambut basah yang menempel pada bantal maka bantal akan basah juga, kondisi ini yang menciptakan tempat sempurna untuk mengembangkan infeksi.

3. Menyebabkan Kerusakan pada Rambut

Saat masih basah rambut dapat rusak dengan lebih mudah. Misalnya akan mudah bercabang terutama saat rambut kalian bergesekan pada bantal, atau akan mudah ketombean karena infeksi dan jamur yang dihasilkan bercampur dengan debu pada saat masih basah hal ini menyebabkan rambut menjadi berketombe.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar