Jangan Sering Dilakukan, 4 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Buat Perutmu Tambah Buncit!

Kebiasaan penyebab perut buncit. (Foto: Mipacko)

Sukoharjonews.com – Perut buncit dipengaruhi berbagai faktor penyebab. Mengutip Verywell Health, buncit kondisi meningkatnya tekanan perut dan perubahan ukuran lingkar. Penyebab perut buncit antara lain dipengaruhi pola makan yang buruk, tidak pernah olahraga, sering duduk dan stres.


Mengutip dari Beautynesia melalui beberapa sumber, Senin (23/1/2023), berikut kebiasaan yang dapat membuat perut menjadi buncit:

1. Begadang dan Kurang Tidur
Begadang menjadi salah satu rutinitas anak muda, terlebih bagi mereka yang memiliki aktivitas begitu padat. Namun kurang tidur akibat begadang pada akhirnya bisa membuat berat badan naik dan perut buncit, loh! Menurut peneliti Wake Forest, pelaku diet yang tidur lima jam atau kurang memiliki lemak perut 2,5 kali lebih banyak. Sedangkan mereka yang tidur lebih dari delapan jam tidak memiliki lemak perut sebanyak itu.


2. Makan Terlalu Larut Malam
Apakah kalian gemar makan larut malam? Walaupun saat tidur tubuh secara alami akan membakar timbunan lemak, namun hal ini tidak dapat dilakukan secara efisien jika Anda tidur dengan perut kenyang di larut malam.

Dilansir dari laman Healthy Options, selain menyebabkan perut buncit, makan larut malam dan pergi tidur dengan perut kenyang meningkatkan risiko kamu terkena refluks asam dan gangguan pencernaan. Untuk mencegah kondisi ini, pertimbangkan makan dalam porsi kecil di malam hari dan jangan berbaring setidaknya tiga jam setelah makan malam. Jika kamu masih merasa lapar, isilah perut dengan camilan sehat seperti buah-buahan.


3. Makan Sambil Menonton
Usai beraktivitas seharian, makan makanan favorit sambil bersantai dan menonton film atau series kesukaan bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan. Namun sayangnya, rutinitas ini bisa membuat kamu kesulitan meratakan perut buncit. Makan sambil menonton tv, membaca buku, atau bermain media sosial di ponsel bisa jadi rutinitas yang memicu timbulnya perut buncit.

Dilansir dari Eat This, Not That!, menurut ahli gizi Leslie Schiling, ketika pikiran berfokus pada hal lain selain makanan, maka kamu akan kesulitan mengidentifikasi apakah kamu sudah benar-benar kenyang setelah makan.


4. Makan Terlalu Sedikit
Meskipun makan terlalu banyak di malam hari bisa berdampak buruk, namun makan terlalu sedikit juga tidak baik. Untuk Anda yang sedang diet atau ingin meratakan perut buncit, mungkin Anda berpikir makan dalam porsi sedikit bisa menjadi solusi. Sudah lama beredar anggapan bahwa makan sesedikit mungkin adalah cara paling efektif untuk menurunkan berat badan.

Namun, hal ini keliru. “Hal ini tidak hanya dapat menyebabkan peningkatan hasrat dan berpotensi merasa lebih tidak terkendali di sekitar makanan, tetapi kelaparan dapat memperlambat metabolisme Anda melalui termogenesis adaptif,” kata Lisa Moskovitz, ahli diet terdaftar di NY Nutrition, dilansir dari laman Eat This, Not That!. (cita septa/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *