Jangan Resah Ini Minuman Herbal Alami yang Dapat Redakan Kembung

Minuman atasi perut kembung.(Foto:Halodoc)

Sukoharjonews.com – Perut kembung biasanya terjadi karena penumpukan gas di dalam usus dan tidak jarang akan menyebabkan gangguan pencernaan seperti susah buang air besar.

Dilansir dari Enesis, Minggu (27/10/2024), minuman herbal untuk perut kembung ini bisa membantu melancarkan sistem pencernaan dan tidak menimbulkan efek samping.

Penyebab Perut Kembung dari Bahan Herbal

Seseorang yang mengalami kembung, biasanya akan sering mengeluarkan sendawa dan kentut karena adanya penumpukan gas berlebihan di dalam perut serta usus.

Perut kembung sering kali disebabkan oleh makan atau minum yang terlalu cepat, merokok, minum alkohol, dan minuman bersoda.

Namun, keluhan ini juga bisa disebabkan karena kondisi tubuh kurang sehat, seperti mengalami sembelit, intoleransi laktosa, adanya gejala penyakit tukak lambung, hernia, infeksi usus, dan lainnya.

Cara Mengatasi Perut Kembung
Pada dasarnya, perut kembung bisa diatasi secara alami, seperti dengan mengonsumsi makanan secukupnya dan tidak makan terlalu cepat.

Kamu juga bisa menghindari minuman bersoda atau beralkohol, tidak mengunyah permen karet, dan mengurangi makanan penghasil gas untuk meredakan gejala perut kembung.

Selain itu, kamu dapat melakukan beberapa teknik gerakan seperti yoga, berjalan santai, dan mengoleskan minyak angin pada perut untuk melancarkan sistem pencernaan sekaligus mengurangi risiko perut kembung.

Minuman untuk Perut Kembung
Keluhan perut kembung juga bisa diredakan dengan mengonsumsi minuman untuk perut kembung yang terbuat dari bahan alami berikut.

1. Teh Jahe
Jahe merupakan tanaman rempah-rempah yang sering dibuat menjadi minuman untuk menghangatkan badan dan mengatasi berbagai keluhan kesehatan, salah satunya yaitu perut kembung.

2. Smoothies
Mengonsumsi smoothies untuk sarapan di pagi hari adalah pilihan yang tepat agar sistem pencernaan tetap lancar.

Selain itu, smoothies yang dibuat dari buah tinggi kalium seperti pisang, semangka, dan jeruk diketahui juga bisa membantu mengatasi kembung dengan mengurangi penyerapan air pada usus.

3. Air Hangat

Minuman untuk perut kembung selanjutnya adalah air hangat. Meskipun terdengar sepele, air mineral ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, lho.

Beberapa orang cenderung merasa bahwa ketika mengalami gangguan perut kembung, mereka harus mengurangi minum.

4. Air Lemon
Jika bosan mengonsumsi air putih, kamu bisa menambahkan perasan lemon untuk menambahkan rasa.

Lemon adalah pilihan yang bagus sebagai campuran minuman untuk perut kembung dan mual.

5. Teh Hijau
Teh hijau merupakan minuman efektif bagi orang yang sedang menjalankan diet karena diketahui bisa membantu melancarkan sistem pencernaan.

Selain itu, teh hijau juga bisa menjadi minuman untuk perut kembung karena bersifat anti-inflamasi dan mengandung antioksidan. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *